NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 suara, nilai: 2.00 ⁄ 5)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap

Perkembangan batik pada masa sekarang cukup menggembirakan, hal ini berdampak positif bagi produsen batik-batik di berbagai daerah. Permintaan batik tulis maupun batik cap sangat tinggi sekali, walaupun kebutuhan pasar batik tersebut sebagian sudah dipenuhi dengan tekstil bermotif batik yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan tekstil yang bermodal besar. Beberapa pengrajin batik menghendaki untuk pembayaran di muka agar produksinya bisa lancar dan pembeli akan segera menerima pesanan yang diminta, hal ini mengingatkan pada masa tahun 70-an dimana pada waktu itu batik juga mengalami permintaan yang cukup lumayan jumlahnya.

Perbedaan batik tulis dan batik cap bisa dilihat dari beberapa hal sbb:

Batik Tulis

Batik Tulis

Batik Tulis

  1. Dikerjakan dengan menggunakan canting yaitu alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk bisa menampung malam (lilin batik) dengan memiliki ujung berupa saluran/pipa kecil untuk keluarnya malam dalam membentuk gambar awal pada permukaan kain.
  2. Bentuk gambar/desain pada batik tulis tidak ada pengulangan yang jelas, sehingga gambar nampak bisa lebih luwes dengan ukuran garis motif yang relatif bisa lebih kecil dibandingkan dengan batik cap.
  3. Gambar batik tulis bisa dilihat pada kedua sisi kain nampak lebih rata (tembus bolak-balik) khusus bagi batik tulis yang halus.
  4. Warna dasar kain biasanya lebih muda dibandingkan dengan warna pada goresan motif (batik tulis putihan/tembokan).
  5. Setiap potongan gambar (ragam hias) yang diulang pada lembar kain biasanya tidak akan pernah sama bentuk dan ukurannya. Berbeda dengan batik cap yang kemungkinannya bisa sama persis antara gambar yang satu dengan gambar lainnya.
  6. Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan batik tulis relatif lebih lama (2 atau 3 kali lebih lama) dibandingkan dengan pembuatan batik cap. Pengerjaan batik tulis yang halus bisa memakan waktu 3 hingga 6 bulan lamanya.
  7. Alat kerja berupa canting harganya relatif lebih murah berkisar Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,-/pcs.
  8. Harga jual batik tulis relatif lebih mahal, dikarenakan dari sisi kualitas biasanya lebih bagus, mewah dan unik.

Batik Cap

Batik Cap

  1. Dikerjakan dengan menggunakan cap (alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk sesuai dengan gambar atau motif yang dikehendaki). Untuk pembuatan satu gagang cap batik dengan dimensi panjang dan lebar : 20 cm X 20 cm dibutuhkan waktu rata-rata 2 minggu.
  2. Bentuk gambar/desain pada batik cap selalu ada pengulangan yang jelas, sehingga gambar nampak berulang dengan bentuk yang sama, dengan ukuran garis motif relatif lebih besar dibandingkan dengan batik tulis.
  3. Gambar batik cap biasanya tidak tembus pada kedua sisi kain.
  4. Warna dasar kain biasanya lebih tua dibandingkan dengan warna pada goresan motifnya. Hal ini disebabkan batik cap tidak melakukan penutupan pada bagian dasar motif yang lebih rumit seperti halnya yang biasa dilakukan pada proses batik tulis. Korelasinya yaitu dengan mengejar harga jual yang lebih murah dan waktu produksi yang lebih cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk sehelai kain batik cap berkisar 1 hingga 3 minggu.
  5. Untuk membuat batik cap yang beragam motif, maka diperlukan banyak cap. Sementara harga cap batik relatif lebih mahal dari canting. Untuk harga cap batik pada kondisi sekarang dengan ukuran 20 cm X 20 cm berkisar Rp. 350.000,- hingga Rp. 700.000,-/motif. Sehingga dari sisi modal awal batik cap relatif lebih mahal.
  6. Jangka waktu pemakaian cap batik dalam kondisi yang baik bisa mencapai 5 tahun hingga 10 tahun, dengan catatan tidak rusak. Pengulangan cap batik tembaga untuk pemakainnya hampir tidak terbatas.
  7. Harga jual batik cap relatif lebih murah dibandingkan dengan batik tulis, dikarenakan biasanya jumlahnya banyak dan miliki kesamaan satu dan lainnya tidak unik, tidak istimewa dan kurang eksklusif.

Disamping adanya perbedaan dari sisi visual antara batik tulis dan batik cap, namun dari sisi produksi ada beberapa kesamaan yang harus dilalui dalam pengerjaan keduanya. Diantaranya adalah sbb:

  • Keduanya sama-sama bisa dikatakan kain batik, dikarenakan dikerjakan dengan menggunakan bahan lilin sebagai media perintang warna.
  • Dikerjakan hampir oleh tangan manusia untuk membuat gambar dan proses pengerjaan buka tutup warnanya.
  • Bahan yang digunakannya juga sama berupa bahan dasar kain yang berwarna putih, dan tidak harus dibedakan jenis bahan dasar benangnya (katun atau sutra) atau bentuk tenunannya.
  • Penggunaan bahan-bahan pewarna serta memproses warnanya sama, tidak ada perbedaan anatara batik tulis dan batik cap.
  • Cara menentukan lay-out atau patron dan juga bentuk-bentuk motif boleh sama diantara keduanya. Sehingga ketika keduanya dijahit untuk dibuat busana tidak ada perbedaan bagi perancang busana atau penjahitnya. Yang membedakan hanya kualitas gambarnya saja.
  • Cara merawat kain batik (menyimpan, menyuci dan menggunakannya) sama sekali tidak ada perbedaan.
  • Untuk membuat keduanya diperlukan gambar awal atau sket dasar untuk memudahkan dan mengetahui bentuk motif yang akan terjadi.

Berikut ini contoh lain dari batik tulis dan cap:


Semoga bagi konsumen pecinta batik tidak akan merasa tertipu lagi dan bisa mengenal lebih jauh perbedaan antara batik tulis dan batik cap. Selamat berbelanja dan bravo batik Indonesia.

 

 Tentang Penulis:

Komarudin Kudiya H. Komarudin Kudiya S.IP, M.Ds. (40) lahir dan dibesarkan di Desa Trusmi Plered Cirebon. Terlahir dari lingkungan pengrajin batik Trusmi Cirebon dan merupakan generasi ke lima dari keluarga pengrajin batik yang handal. Setelah lulus dari SMA melanjutkan sekolah Diploma 3 di UNPAD jurusan Adminitrasi Logistik, kemudian melanjutkan ke program Extensi Hubungan Internasional S1 di UNPAD lulus pada tahun 2000. Pada tahun 2003 lulus dari Program Magister S2, Jurusan Desain FSRD – ITB. Pada ... Selengkapnya »
 
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • hj ai siti saadah

    Pak Komar,terima kasih atas artikelnya,bisa menambah reperensi saya,kebetulan saya memiliki toko oleh2 dan juga menjual aneka batik terutama batik yang berasal dari daerah asal saya yaitu batik garutan.semoga batik terus berjaya. amien…

    • sasa

      wow,,,,bagusnya
      rajin rajin ea mba buwat batik
      he,,,he,,

  • http://www.sakurafirawati.blogspot.com fitri

    Wah, keren. Pengen banget bisa buat batik sendiri. Melestarikan budaya bangsa. Pengen belajar tapi blm punya kesempatan. Jaga batik dari tangan2 tak bertanggung jawab. Cayooo…

  • http://www.sakurafirawati.blogspot.com fitri

    Wah keren ya kalo bisa buat batik sendiri. Pengen banget…
    Lebih bagus lagi kalo pewarnanya memakai pewarna yg alami agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

    Lestarikan dan jaga batik dari tangan2 tak bertanggung jawab.
    Semangat…j

    • http://www.putra-laweyan.co.id aziz

      Datang aja ke Solo, tepatnya di Batik Putra Laweyan, Jl. Sidoluhur No.6 Kampoeng Batik Laweyan Solo, nanti disini mbak bisa melihat sekaligus belajar membuat batik tulis.

    • dezzymanies

      oziiiiiii coy…………………!!!!!

  • http://rumahbatikmadura.com aniek

    thanks pak..informasi nya..semoga masyarakat ga terkecoh dengan batik-batik pabrikan yang sekarang banyak beredar..

    yuk cintai produk dalam negeri dan lestarikan budaya nya…

  • Bambang Cipto Santoso

    SDK Notre Dame Puri Indah Jkt Barat tak ketnggalan…pada semeser II pelajaran SBK kami kelas VI belajar membatik menggunakan canthing dan malam…Hidup BATHIK INDONESIA.

  • kiki

    saya beharap sll mencintai produk anak negeri sendiri…
    kr2 klo jd pengusaha Batik tu dengan modal yg terbatas apa bisa ya??

  • nono darsono

    asslm.
    pa komar, saya ingin memulai bisnis tas yg khusus terbat dari kain batik trusmi, namun modal saya punya sangat terbatas..bagaimana solusinya pa komar agar awal usaha ini bisa berhasil

  • artafanee eka

    jadi pengen bikin batik sendiri,kok kaya’nya asyik trus harga alatnya murah.
    cuma….klo di Sby blajarnya di mana ya…
    tlg dong klo ad yg tau fanee di kasih infonya.
    thanks

  • arief

    Duh Pak Komar…pak Kabar… Kapan negh maen Ke UK GALLery lagi…ditunggu pak wat informasinya tentang batik….nti saya sebarin link ini biar orang indonesia tau tentang batik

  • Yudishtira

    Siip.. smoga informasi ini bisa memberikan pemahaman pada kita tentang batik…

    Batik indonesia smoga terus berkembang dan langgeng..

    http://ngawengunungkidul.wordpress.com/gallery/batik/

  • http://www.TokoRame.com/ Ali S

    Pak Komar: Bisa minta ijin kopas artikelnya? Akan saya tempel di web saya, biar pembaca paham bedanya batik tulis dengan batik cap atau batik printing …

    • firewalker06

      Silakan dicopy dan sertakan kredit bagi bapak Komar, yah. :)

  • rico

    Bisa minta ijin kopas artikelnya? Akan saya tempel di web saya, biar pembaca paham bedanya batik tulis dengan batik cap atau batik tulis

    • firewalker06

      Silakan di kopas, jangan lupa kasi link dan nama penulisnya, yah :)

  • http://www.butiqbatik.com/ Heru S

    Tulisan yang bagus dan menarik. Dengan membaca tulisan ini kiranya kita dapat mengetahui perbedaan antara batik cap dan batik tulis. Mohon ijin saya pakai tulisan ini di website saya. terima kasih sebelumnya.

    • firewalker06

      Silakan disalin dan jangan lupa untuk memberikan kredit kepada bapak
      Komar :) serta link balik ke artikel ini.

  • liana

    Tulisannya menarik! tetapi saya jg ingin tahu tentang teknik pewarnaan, khususnya yang memakai bahan dari alam. Dimana saya bisa dapat infonya?

  • liana

    Tulisannya menarik! tetapi saya jg ingin tahu tentang teknik pewarnaan, khususnya yang memakai bahan dari alam. Dimana saya bisa dapat infonya?

  • apri yanti

    pak komar, mohon ijin menyalin artikel ini lahan saya. terima kasih

    • firewalker06

      Jangan lupa diberi Link kemari yah :)

  • dewi

    ijin repost untuk bisnis batik saya ya…makasih…

  • Mahmulah

    Hidup batik Indonesia…!!!!!!!!!!!!!!!

  • Mita

    terimma kasih, artikel yang bermanfaat. saya sedang merintis usaha jualan batik. setelah membaca artikel ini saya jadi lebih paham ttg batik tulis dan batik cap.mungkin bisa ditambahkan artikel tetang tips merawat batik.

    salam
    busana batik

    • Aditya_warwer

      sama-sama

  • Eko Budi Sulistiyo

    Assalaamu’alaikum Pak Komar,

    Salut dengan Usaha nya Pak Komar,
    Dan apa bisa saya mendapatkan Bimbingan serta Pendampingan dari Bapak Komar,sehubungan saat ini saya sedang akan memulai usaha Batik Tulis & Cap di daerah Bedono,Jambu ( ambarawa ) ?

    Semoga Selalu Sukses dan Berkah buat Kita semua !

    Salam,

    Eko BS./08562664389.

  • Afan maddan

    tulisan mas komar sangaat menari,karena mas komar, menekuni batik dan sangat propesional ini hapat dilihat dari batik kerya mas komar. oleh karena itu, saya ingin pendapat mas,
    1. apakah batik itu proses atau motif
    2. apakah batit itu perlu ada standar (SII)
    3. bagaimana pendapat mas komar dengan lebel batik mark yang dikeluarkan oleh perindustrian.cq balai batik.

  • Batik

    khusus untuk batik cap apakah ada perawatan khusus biar awet?
    salam
    Baju Batik

  • rila

    mau tnya,bgaimaNa cara prAwatan batik,agr ttp bgs?

    batik is the best

  • Duhita Kencana

    Apakah memungkinkan untuk membuat batik tulis selama 1 bulan? Disini kan ditulis pengerjaan 3-6 bulan.

  • Sheichie_aryani

    BAGUS YA…
    produk indonesia..

    • Ayu_silvia1408

      iy…

  • Syakurclalu

    I Love U Batik Indonesia

  • Pingback: Batik tulis OnLine,batik tulis murah,batik tulis Indonesia | Batik tulis OnLine-batik tulis murah-batik tulis Indonesia

  • kain batik

    terimakasih atas infonya gan, dengan membaca artikel anda saya bisa membedakan mana batik tulis asli dan mana batik cap.

  • nurul_insip@yahoo.com

    hidup BAtik, bravo batik trusmi…..!!!!