NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
chemistry
  • Can't retrieve RSS Feed
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 suara, nilai: 1.00 ⁄ 5)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Kain Batik dan Tekstil Bermotif Batik

Batik merupakan warisan budaya Indonesia, pada umumnya masyarakat Indonesia sudah paham tentang hal tersebut, namun cara membedakan antara batik dan tekstil bermotif batik secara umum masyarakat Indonesia atau para konsumen batik masih banyak yang belum paham. Seringkali konsumen bangga dengan batik yang dikenakannya, dikarenakan beli di toko batik yang sudah cukup terkenal, harganya lumayan mahal, tapi sebenarnya bukan kain batik yang didapatkannya namun kain tekstil bermotif batik atau lebih dikenal dengan kain sablon (print).

Definisi batik secara umum yang telah disepakati pada saat konvensi batik Internaional di Yogyakarta pada tahun 1997 adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun denganmenggunakan lilin batik (wax)sebagai alat perintang warna. Bilamana prosesnya tanpa menggunakan lilin batik maka tidak bisa dinamakan batik, dan dikatakan tekstil bermotif batik.

Bilamana dilihat dari sisi fungsi dan kegunaan, kain batik ataupun tekstil bermotif batik tidak ada bedanya, begitupula bila dilihat dari sisi ekonomi keduanya adalah bagian dari bisnis yang sangat menjanjikan dan dapat mendatangkan keuntungan bagi seluruh masyarakat. Harga batik yang asli relatif lebih mahal maka dengan sendirinya bagisebagian masyarakat yang tingkat ekonominya rendah tidak akan terjangkau untuk membeli kain batik. Maka dengan banyak beredarnya kain tekstil bermotif batik, untuk masyarakatkelas menengah ke bawah akhirnya bisa mengenakan busana bermotif batik.

Masalahnya adalah bagi konsumen yang telah membayar dengan harga yang cukup mahal tapi yang didapatnya bukan kain batik asli, namun sekedar tekstil bermotif batik.

Pemerintah melalui departemen perindustrian telah mengusulkan “Batik Mark” yaitu berupa tanda atau label yang membedakan kualitas batik berdasarkan proses pembuatannya. Tanda tersebut meliputi kualitas batik tulis, batik cap dan batik kombinasi tulis dan cap. Tujuan semula adalah agar konsumen tidak akan merasa tertipu dengan melihat tanda yang ditempelkan pada kain batik tersebut, serta keuntungan bagi produsen atau penjual bisa untuk meningkatkan harga jualnya sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Namun hingga saat ini oleh produsen dan pedagang kain batik belum bisa melaksanakan penandaan Batik Mark tersebut dikarenakan untuk proses mendapatkan label tersebut perlu biaya dan waktu untuk mengurusnya.

Untuk mengetahui perbedaan antara batik dan tekstil bermotif batik tersebut ada tips yang bisa membantu cara memilih kain batik sbb:

  1. Kain Batik

1.Pada umumnya bahan dasar yang digunakan adalah terbuat dari serat alam atau serat selulosa atau serat yang dihasilkan dari binatang. Jenis kain batik yang digunakan secara umum diantaranya adalah kain katun, kain rayon, kain rami dan kain sutra. Proses batik tidak bisa menggunakan jenis kain yang terbuat dari bahan polyester.

2.Gambar pada kain batik biasanya sebagian akan tembus hingga pada bagian belakang kain. Terlebih lagi untuk jenis kain batik tulis halus, maka pengerjaan pelilinannya akan dilakukan pada kedua muka kain. Khusus pada kain batik yang teknik produksinya dengan mengguna- kan teknik sablon lilin dingin gambarnya hampir tidak tembus sama sekali, berbeda dengan yang menggunakan teknik lilin panas maka hasilnya akan tembus hingga ke belakang kain tersebut.

3.Bau kain batik akan tercium aroma lilin. Untuk mengetahui aroma lilin ini, biasanya oleh konsumen kain batik tersebut didekatkan pada indera penciumannya. Bahkan ada yang pernah mengatakan bahwa kalau mencium aroma kain batik bisa mengingatkan pada kasih sayang orang tuanya yang dulu menggendongnya ketika bayi dengan kain selendang batik. Ada pula yang mengatakan kalau sudah mencium aroma kain-kain batik bisa menghilangkan stress.

4.Detail gambar pada kain batik relatif lebih sederhana bilamana dibandingkan dengan tekstil bermotif batik. Khusus untuk detail gambar dengan ukuran yang kecil-kecil dengan warna lebih gelap akan sangat susah didapatkan pada kain batik. Hal ini dikarenakan keterbatasan pada proses pengerjaan pelilinannya.

5.Harga kain batik relatif lebih mahal dan jumlahnya terbatas.

6.Bentuk ragam hias atau ornamen pada sehelai kain batik terkadang tidak ada kesamaan yang tepat antara motif yang satu dengan yang lainnya, sekalipun secara proses kain batik tersebut dibuat dengan teknik batik cap. Apalagi bentuk motif yang ada pada satu lembar kain batik yang satu dengan yang lainnya kemungkinan besar pasti ada perbedaan.

7.Kain batik jarang kita temui dalam bentuk kemasan gulungan. Biasanya kain batik dikemas dalam bentuk lipatan atau dibungkus satu persatu atau set.

  1. Tekstil Bermotif Batik (Sablon atau Print)

1.Pada umumnya bahan dasar yang digunakan adalah terbuat dari serat polyester walaupun ada juga yang terbuat dari kain katun, kain rayon, kain rami dan kain sutra seperti halnya pada kain batik.

2.Gambar padakain tekstil bermotif batik (sablon) biasanya tidak akan tembus hingga pada bagian belakang kain.

3.Kain sablon tidak tercium bau lilin dan hampir tidak ada aroma apapun.

4.Detail gambar pada kain sablon relatif lebih halus dan lebih lengkap bilamana dibandingkan dengan kain batik. Pada kain tekstil bermotif batik (sablon) detail gambarnya lebih bisa mencapai ukuran yang kecil-kecil dengan warna-warna yang lebih gelap bisa didapatkan, berbeda dengan kain batik. Hal ini dikarenakan kemampuan proses sablon semakin bagus dan teknologinya semakin maju. Proses sablon sendiri banyak macamnya diantaranya adalah dengan teknik sablon tangan (hand printing), menggunakan plat dan sistem rotary yaitu dengan teknik pencetakan berputar menggunakan silinder. Tiap teknik mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berhubungan dengan ukuran gambar dan kualitas detail motifnya.

5.Harga kain sablon relatif lebih murah, serta jumlah produksinya biasanya lebih banyak hal ini ditempuh agar biaya untuk pembuatan film/plat atau pembuatan screen sablon bisa tertutupi (break event point), karena biaya pembuatan film cukup mahal, sehingga bila diproduksinya sedikit maka dengan sendirinya harga kain akan sama mahalnya dengan kain batik.

6.Bentuk ragam hias atau ornamen pada lembaran kain sablon sudah pasti akan banyak kesamaannya dan tepat antara motif yang satu dengan yang lainnya.

7.Kain sablon bisa kita temui dalam bentuk gulungan. Biasanya dalam satu gulung bisa mencapai panjangnya lebih dari 100 meter.

Pada akhirnya, baik yang mengunakan busana kain batik maupun yang menggunakan busana sablon atau tekstil bermotif batik yang pasti kita semua cinta batik Indonesia. Dan tidak berapa lama lagi pada tahun ini bangsa Indonesia akan mendapatkan award dari UNESCO bahwa batik adalah budaya bangsa Indonesia setelah diakuinya keris dan wayang kulit yang telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO terlebih dulu.

A.Contoh Kain Batik

Bahan Dasar Sutera Tenun ATBM

Bahan Dasar Sutera Tenun ATBM

B.Contoh Tekstil Bermotif Batik

Bahan Dasar Polyester

Bahan Dasar Polyester

 

 Tentang Penulis:

Komarudin Kudiya H. Komarudin Kudiya S.IP, M.Ds. (40) lahir dan dibesarkan di Desa Trusmi Plered Cirebon. Terlahir dari lingkungan pengrajin batik Trusmi Cirebon dan merupakan generasi ke lima dari keluarga pengrajin batik yang handal. Setelah lulus dari SMA melanjutkan sekolah Diploma 3 di UNPAD jurusan Adminitrasi Logistik, kemudian melanjutkan ke program Extensi Hubungan Internasional S1 di UNPAD lulus pada tahun 2000. Pada tahun 2003 lulus dari Program Magister S2, Jurusan Desain FSRD – ITB. Pada ... Selengkapnya »
 
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • http://ratujilbab.com ika

    terimakasih pak infonya. kebetulan saya mo launching baju batik, tapi gak terlalu ngerti tentang batik. Info ini sangat membantu.

  • Arie W Pekuk

    Info yg bagus sekali P.Komar !!!! Kalo dipikir2, malu juga nih sebagai orang jawa yg katanya asli ternyata ndak tau sama sekali apa itu batik. Sekarang jadi agak tau deh..mana yg asli batik tangan…dan mana yg cap/sablon….. terutama dari baunya ya Pak..!! Sekali lagi.. matursuwun sanget.

  • http://www.grosirpekalongan.blogspot.com Pro Grosir Pekalongan

    Bisa menjadi tambahan referensi kami. Terimakasih banget Bos. Salam Kenal juga…

  • stevanny

    terima kasih sekali atas informasi tentang batik ini.Kebetulan saya ada tugas untuk membuat kain batik….Salam kenal dan terima kasih

  • http://www.orengbatik.com Batik Oreng

    Lagi-lagi saya contek ya oM….
    Makasi banyak!!!!

  • DEWA

    BAGAIMANA DAN KEMANA CARA VMEMASARKAN BAHAN KAIN TEROSO KARENA SAYA BARU MEMULAI USAHA INI DARI NOL.KALAU BISA BERI CANEL YANG PEMASARANNYA KELUAR NEGRI.TRIMAKASIH

  • http://friendster TRIAN

    Thankkks bnget tas infonya….
    lau bsa tambahin lgi donkkkkkkkkkk ragam hias,dan perbnyak gambar…kan gambar batik daerah mna jah berguna jgaaaaaaa…………………………………

  • widdiyanti

    bagus, sekarang saya jadi tau deh perbedaannya

  • http://www.mirraya.com Heri

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Salam kenal kepada Bp. Komar, semoga usaha yang telah anda rintis dan jalani sampai sekarang sukses dan tidak tergerus oleh kondisi saat ini. Amiin.
    Perkenalkan kami Jakarta lebih tepatnya di daerah Bekasi Jawa Barat. Untuk informasi lebih jelasnya, bahwa kami merupakan Produsen Monyl (Kain Sablon) dan merupakan Distributor Tunggal di Indonesia untuk Bahan-bahan Binder maupun Pigment (Warna) dari PT. HANYANG Petrochemicals Co,Ltd.- dari Korea yang mana untuk kualitas dan hasilnya telah diuji dan teruji kebeberapa perusahaan printing di Jakarta dan sekitarnya. Bahan kami termasuk dalam Water Base yang Ramah Lingkungan. Kami juga menyediakan jenis Plastisol dengan jenis dan fungsinya masing-masing.
    Dengan informasi yang kami sampaikan, kami ingin mengajukan penawaran kepada Bp. untuk material Monyl dan Binders maupun Plastisol yang mana dalam proses Proses Pembuatan Batik kiranya memerlukan Kain Monyl maupun Binders sebagai media dan bahan dalam penyablonan (Batik).
    Untuk itulah dengan ini kami berharap dengan informasi yang kami berikan kepada Bp.Komar bisa terjalin komunikasi dua arah yang kedepannya bisa menjadi Mitra Kerja.
    Untuk itu kami segera akan mengirimkan company profile kepada Bp.Komar yang mana awalnya kami menunggu balasan surat dari Bp. Komar.
    Informasi selanjutnya sangat kami tunggu dan harapkan.
    Lebih dan kurangnya kami haturkan banyak terimaksih.

    Hormat kami

    Heri Haryanto
    Marketing.

    • yuli

      Kepada Pak Heri Haryanto/PT.HANYANG Petrochemical Ltd :
      saya berada diluar jawa (makassar)
      disini sangat sulit untuk mendapatkan pigment sintetis atau zat warna textil apalagi untuk zat warna untuk membatik.
      mohon kepada bapak heri bisakah kami diberi sample mengenai zat warna tersebut atau contoh sample kecil untuk kami coba, berapa harganya.
      trimakasih,

      yuli

    • abe

      pak saya sangat tertarik untuk Bahan-bahan Binder maupun Pigment (Warna) saya minta contact person bapak

      CP :bgreenjo@hotmail.com

  • http://ymail Rini

    Ass.Wr.Wb
    Tulisan yg Bpk muat sangat menarik dan menjadi info yg sangat berharga bagi saya.
    ada beberapa pertanyan yang ingin saya tanyakan antara lain :
    1. bagaimana kita bisa mengetahui bahwa sanya batik tulis, cap dan lukis (yg sekarang baru muncul) selain melihat dari warna yg tembus dan aroma batik tersebut?
    2. Bagaimana kita bisa membedakan batik dari berbagai daerah.Maklum sekarang ini yg mempunyai batik tidak hanya Solo,Jogja,Pekalogan,Cerebon.justru sumatera seperti Bengkulu bahkan Irian sudah punya batik.
    3.di Malaysia sekarang ini jg udah da batik. nah untuk Malysia tersebut apakah bisa dikatakan batik atau motif batik atau yg lain?
    tolong ya Pak… di jawab.Jawaban dari Bapak sangat berarti dan saya tunggu.Sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=769909101 Saya Atmoon

    Pertanyaan @rini menarik karena sebenarnya Batik setelah sudah jadi itu mudah ditiru polanya. Karena itu perlu juga teknik membatiknya yang dilindungi Undang-undnag hak cipta bukan sekedar pola batiknya semata. Ini lebih penting karena dengan tersedianya tools design yang terkomputerisasikan, saya yakin semua orang nanti bisa membuat pola batik tapi tidak semuanya bisa dipasarkan karena teknologi pembuatannya yang lebih sulit ketimbang menciptakan karya dsain dijital batik. Jadi, saya sarankan ke Pak Komarudin dan organisasinya supaya lebih memperhatikan proses kreatif dan teknik produksinya ini yang dilindungi uu hak cipta bukan pola batiknya semata.

  • Pingback: BatikIsIndonesia dan Kepiluan Di Padang | blog@tmonadi

  • nurul

    semoga pak Fauzi (dirjen IKM depprin) dalam membuat batik mark dan mengusulkan pembuatan nomer HS (harmonized number. karena HS ini digunakan untuk mengenali produk sebagai komoditas perdagangan.

    Batik mark sangat penting karena merupakan bentuk penanda identitas dan ciri batik buatan Indonesia. Dalam batik mark ini nantinya ada tiga jenis yaitu batik tulis yang ditandai dengan label tulisan warna emas, Batik Cap dengan label warna perak, dan Batik Kombinasi tulis dan Cap dengan warna putih. Dan program ini telah berjalan sejak tahun 2007.

    Saat ini, baru ada sekitar 32 perusahaan pengerajian batik di wilayah Jawa menerima sertifikat

    proses sertifikasi Batik Mark melalui pendaftaran oleh perusahaan. Namun sebelum mengajukanperusahaan terkait wajib mengirimkan uji sampel kain batiknya dan diteliti melalui prose pengujian di laboratorium uji serta berdasarkan tes uji standar nasional Indonesia (SNI). “Prosesnya tidak sulit. Setelah memenuhi syarat SNI, diberikan sertifikat yang berlaku selama perusahaan tersebut beroperasi,”

    Selain itu, n pencantuman label Batik Mark juga disertakan dengan kode khusus. Hal ini dilakukan untuk menghindari duplikasi. “Jadi, memang bisa saja ditiru, tapi pasti ketahuan karena masing-masing sudah memiliki barcode sendiri,”

    Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, sambungnya, setiap perusahaan harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 1 juta. Namun depprin memberikan batuan bagi pengrajin yang dinilai tidak mampu dari segi finansial, namun memiliki produksi batik yang sesuai standar

  • adham

    salam kenal bapak Komar………….
    minta bantuannya pak, saya sedang merintis usaha oerderan batik massal….
    disini saya memang bisa dikatakan seorang yg baru dalam market ini….
    bolehkan saya minta kerjasamanya wat sdikit banyak sharing ttg gimana c..dlm keadaan saya skrng ini dapet perluas link…cos memang saya masih muda…dan lom tau ap2…saya trjun dalam usaha ini dgn latar belakang saya di kampus sebagai komisioner pak……

  • Ghina kuran

    terima kasih atas infonya…. saya sangat terbantu karna ada tugas tentang batik & saya menemukannya di sini….. terima kasih pak, atas infonya…:)

    • http://www.facebook.com/people/Juhamran-Amran/100000926752304 Juhamran Amran

      wahhh”sama dong..

    • http://www.facebook.com/people/Juhamran-Amran/100000926752304 Juhamran Amran

      wahhh”sama dong..

    • http://www.facebook.com/people/Juhamran-Amran/100000926752304 Juhamran Amran

      wahhh”sama dong..

  • Taufiq

    Salam kenal pak. Terima kasih atas artikelnya yg cukup membantu menjelaskan. Kebetulan usaha yg kami jalankan juga di bidang tekstil dan batik, mulai dari handicraft sampai printing. Izin postkan artikel ini di blog kami. Thanks.

    • http://firewalkerdesign.com Didik Wicaksono

      Silakan, jangan lupa memberi kredit kepada bapak Komar yah :D

  • http://pulse.yahoo.com/_YLUTW64J25M2QOC43U64Q2DM2Q Ang Pun siong

    Saya Ang Pun Siong dari Medan,mau pesan dasar kain putih/hitam untuk lapisan kain kantong kalau ada minat kerja sama tolong balas ke HP 085276019299 balas ke E-mail Aps.trading@yahoo.com atas kerja samanya saja ucapkan terima kasih harap dibalas

  • ani hoshi

    TERIMAH KASIH INFONYA,,, PENTING UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAAN ANTARA YG   BATIK TULIS DENGAN YANG SABLON,, PEMBEDAAN AHARGA JUGA TENTUNYA PERLU,,  DEMI KESEJAHTERAAN RAKYAT JUGA,, :)