NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (Belum ada rating)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Bertemu Gajah Mada di Games Online

Nusantara Online

Nusantara Online

Siapa bilang sejarah Indonesia tidak menarik? Kisah Majapahit misalnya, justru menjadi petualangan mendebarkan setelah dikemas dalam Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) bertajuk Nusantara-Online. Ingin terlibat dalam petualangan seru yang terdiri dari tiga tipe Quest di game ini? Tenang, setidaknya enam bulan lagi games buatan anak bangsa ini akan segera dirilis.

Berikut obrolan Netsains dengan Dany Aditya, Pimpinan Proyek Nusantara-Online. Lelaki pehobi games sejak kelas 5 SD ini sesungguhnya pernah bercita-cita jadi dokter dan mengenyam kuliah kedokteran di Universitas Padjajaran. Tapi kini justru asyik masyuk dengan dunia Teknologi Informasi.

Netsains.Com (NS): Sejak kapan Mas Dany mengembangkan game ini?

Dany Aditya (DA): Nusantara Online awalnya dikembangkan oleh Sangkuriang Studio, game ini sempat mendapat juara 2 Ina-ICT-A thn 2007. Pembangunan game ini dari sisi engine sudah hampir 3 tahun, sementara pengisian konten baru dimulai bulan Juli 2008.

NSC: Dibantu siapa saja mas di tim pengembangnya? Misalnya untuk ilustratornya, desainernya, dsb?

DA: Saat ini yang mengembangkan Nusantara Online terdiri dari 2 studio yaitu Sangkuriang Studio dan Telegraph Studio, dan di dalamnya ada 5 divisi: Engine dan Infrastruktur, Gameplay, Naskah, AudioVisual dan Sejarah. Total teman-teman yang terlibat dalam pengembangan Nusantara Online ada 46 orang.

NS: Apa yang mendorong Mas Dany cs membuat games ini?

DA: Kami menyadari kekayaan kebudayaan Indonesia serta sejarah yang Indonesia miliki adalah sesuatu yang sangat menarik dan unik. Kebetulan kami memiliki kemampuan dalam pembangunan aplikasi serta kontennya, untuk itu kami coba membangun game dengan bertemakan kebudayaan dan sejarah indonesia ini.

Screenshot Loading Time Nusantara Online

Screenshot Loading Time Nusantara Online

NS: Tentang tema Nusantara dan kerajaan Majapahit, idenya darimana mas? Ada inspirasi dari games lain?

DA: Kebetulan sebagian besar dari kami memang gamers. Hehehe. Inspirasi datang dari berbagai game. Dari sisi tema; kami ‘cemburu’ sekali dengan beberapa game asia seperti Romance of Three Kingdom (cerita samkok yang ditampilkan dalam bentuk turn-based strategy), Dinasty Warrior (game playstation yang menampilkan tokoh-tokoh sejarah samkok secara action) serta Samurai Warrior (game playstation juga yang menampilkan tokoh-tokoh sejarah taiko jepang dalam bentuk action). Sementara dari segi visual dan gameplay kami sangat terkesan dengan World of Warcraft dan Lineage II.

NS: Sejak kapan mas Dani tertarik dunia games? Belajar dimana, apakah secara formal atau otodidak?

DA: Secara pribadi saya main game dari pertama kali ada PC di Indonesia, sekitar tahun 1985 -1986 ketika itu saya baru kelas 5 SD dan terpesona dengan game PC seperti King’s Quest dan Alley Cat. Pada tahun 2003 muncullah Ragnarok Online di Indonesia yang membuat sy berangan-angan ingin membangun sebuah game online buatan negeri sendiri. Kebetulan bagian saya dari sisi gameplay, maka seluruh yang saya pelajari memang otodidak. Tapi teman-teman dari aplikasi engine belajar di Informatika ITB, teman-teman dari audio visual blajar dari STISI dan teman-teman dari sejarah belajar di UPI dan UNPAD.

NS: Program apa saja yang harus dikuasai seorang games developer?

DA: Untuk game berbasis 3D seperti yang kami bangun ini, dari sisi grafis bisa belajar Lightwave 3D atau 3D max, dari segi skin/tekstur dapat menggunakan Microsoft Paint atau yang lebih advanced seperti Adobe Photoshop maupun Macromedia Freehand. Dari sisi engine, hampir mutlak harus menguasai suatu bahasa pemrograman, misalnya: C. Selain itu kebetulan banyak pengembang-pengembang engine open-source di internet, yang bebas digunakan tanpa harus menggunakan licence sperti Ogre dan lain-lain.

NS: Ada rencana membuat games lain kah?

DA: Ya. Kami sangat berharap (dan berusaha… he he..) bahwa produk kami bukan hanya game Nusantara Online saja.

Pemilihan Karakter dan Kelas - Nusantara Online

Pemilihan Karakter dan Kelas - Nusantara Online

NS: Oh ya, apa nama perusahaan tempat Mas Dany bernaung sekarang?

DA: Saat ini untuk mengembangkan Nusantara Online memang belum memiliki nama yang khusus, masih menggunakan nama studio pengembangnya yaitu: Telegraph Studio dan Sangkuriang Studio yang keduanya bertempat di Bandung.

NS:Kesibukan Mas saat ini apa saja, masih berkutat seputar games atau ada hobi lain?

DA:Kesibukan sehari-hari memang sama sekali bukan games, saya berposisi sebagai Business Development di sebuah perusahaan IT di Jakarta. Kalau hobi sampai saat ini masih games.

NS: Apa obsesi Mas Dany berkaitan dengan games di Indonesia?

DA:Sepengetahuan saya, kemampuan Indonesia dalam segi grafis, audio dan aplikasi sama sekali tidak kalah dari negara manapun, sayangnya untuk tema dan ide masih harus dibangun. Selain itu, sayangnya karena pembuatan game memakan waktu yang sangat lama (terutama untuk digital library-nya) membuat para investor yang tidak tertarik. Semoga ke depannya seluruh pihak-pihak ini dapat bekerja sama dengan lebih baik, dan Indonesia memiliki sebuah komoditi ekspor pada industri kreatif yaitu game” buatan Indonesia.

foto: nusantara-online.com

 

 Tentang Penulis:

Merry Magdalena Merry Magdalena adalah mantan jurnalis desk Teknologi Informasi dan Iptek di Sinar Harapan. Ia sempat memenangkan sejumlah penulisan jurnalistik bidang Iptek, Lingkungan dan TI. Di sela kesibukan sebagai jurnalis, Merry juga masih menekuni hobi menulis buku dan berorganisasi di dunia maya. Bukunya yang sudah terbit "Cyberlaw, Tidak Perlu Takut" ditulis bersama Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, "Situs Gaul Gak Cuma buat Ngibul" (Gramedia Pustaka Utama, Mei 2009), "UU ITE, Don't be The Next Victim" ... Selengkapnya »
 
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • http://atmonadi.com atmonadi

    Horeeee, mudah2an ada versi yang nggak harus onlinenya. Indonesia memang kaya akan cerita, kakau di game kan saya kira banyak sekali. Bukan saja cerita zaman baheula semisal Sangkuriang, Lutung Kasarung, atau yang lainnya. Ide Majapahit dan Gajah Madanya dalam versi online sangat menarik apalagi kalau dimasukkan skenario Bagaimana Mmebangun Suatu Negara dan membangun Candi yang megah separti Borobudur (ini mungkin versi manajemen proyeknya)? Emang mirip2 lah dengan Rise Of Nation buatan Microsoft, tapi pastinya lebih seru karena Indonesia bisa memasukkan unsur Mistik juga hihihi. Ok, kutunggu gamenya dah

  • Herry

    Wah Ditunggu nih.
    Dah ga sabar pengen maen game dengan cerita dari Indonesia.

  • Darmawan

    mau download client nya di mana? aku cari di web nya kok tidak ketemu.. email aku aja ya.. avung80 [at] gmail [dot] com

    thanks bos..

  • http://www.nusantara-online.com Dany Aditya

    wah..
    makasi banyak mbak Merry udah dibantu, tulisannya keren.. Hehe..
    @Darmawan:
    saat ini Nusantara Online (NusOL) belum dirilis, kami berencana meluncurkannya pada Mei 2009.

    @atmonadi dan Herry
    Terimakasih banyak dukungannya.

  • http://bumisegoro.wordpress.com bumisegoro

    wah menarik nih. aku tunggu launchingnya. btw, gratis kan ya? hehehe

  • http://www.desabri.blogspot.com sabri GoBlogGer

    wah saya tunggu deh. Udah gak sabaran kayak mana gamenya. Promosi budaya indonesia lewat game seperti ini memang hebat. Kreativitas anak indonesia sekarang udah mulai kelihatan ya

  • http://revolusihidup.blogspot.com Merry Magdalena

    @Danny: tulisanya keren sebab yang diwawancara juga keren…hehehe. Go Dany go!

  • http://www.clearafterhours.com Adirama

    Halo Netsains..

    Saya reporter Clear Magz dan portal Clearafterhours.com.

    Saya berencana mewawancarai Danny Aditya. Boleh tahu CP-nya?
    Terima kasih

  • http://martabaktelormacan.net aRfian

    wow keren
    saya tunggu rilisnya mas!

    *semoga sistem keamanannya keren, jadi ga jebol sama cheater :p*

  • http://www.nusantara-online.com Dany Aditya

    @Mbak Merry:
    go juga, mbak.. dukungan mbak atas teman-teman yg berusaha kreatif emang patut diacungi jempol, hehehe.

    @bumisegoro:
    Kami merencanakan agar game ini FTP (Free To Play) dengan sistem Item Mall.

    @sabri GoBlogGer:
    Makasih banyak dukungannya, mas. Memang masih banyak sekali yang harus dipersiapkan, segala saran dan kritik akan kami terima dengan lapang dada.

    @Adirama:
    Mas Adi dapat menghubungi kami via web kami http://www.nusantara-online.com, atau via e-mail info(at)nusantara(dash)online(dot)com.

    @aRfian:
    Makasi masukkannya, mas. Kami akan berusaha sekuatnya agar game ini tetap menarik dan menyenangkan untuk dimainkan.

  • Jhohansz

    Bisa di percepat gak close betanya..kalau dah On-Line email yaa…semoga aja ini game gak di rusak cheat seperti game luar…semoga gratis..tis..tis..(selamat berjuang)salut sama karya anak bangsa

  • wima

    sejarah indonesia itu emang menrik lho apalagi sekarang disa belajar lewat men game pasti seru (mudah2an…). di tunggu launcing nya yaw.
    salam bwt anak sej 05 UPI….

  • lala

    wahhh keren bgt…ditunggu ya mas..
    buat lala gratis kan?ya kan ya donk ya kan???hohohohoho

  • http://nuel_sapto@yahoo.com emannuel

    it adlh ide bgs yg prnh sy dgr,krn jrang orang yg berfkir sprti itu.scra tdk langsng qta dpt pngetahuan lewat game itu….,sbab bnyak orang yg ska game&orang kurang tau/mls dngn history bangsa qta.jd lwat game nie smoga qta lebih tau sjarah qta,tp tlng donk ms bkin game lg ttng sjarah nusantara qta,cntoh kyak G30S/pki,kn sjrah it sngt mndebar kan jd kl di buat game seru bngt ya gk????he…he…

  • Pandu

    kk kok lama banget seh sampe mei 2009..

    w kan cpe tunggunya…

    les ke email w..
    plizzzzzzzzzz…….

    pandu

  • roni

    udah ngak sabarnih….

  • tama

    akhirnya setelah penantian dari tahun 2003…ada juga yang peduli.. Salut buat para ‘Mpu’ yang gy ngembangin ni game…
    Btw nanti download game data and patchnya lewat http://www.nusantara-online.com atau ada CD/DVDnya??
    tadi juga dah liat previewnya,,,bagus low..desain animasi gamenya dah bisa disetarain sama game2 yang dah populer(deco,rf,ryl,dll)

  • http://soegianto.net Soegianto

    Semenjak saya pertama kali memainkan games produksi KOEI, Romance of the Three Kingdom II, Nobunaga Ambition, The Legend of Bandit Kings, Napoleon, Uncharted Water I,II dan III. Saya selalu membayangkan cerita sejenis harusnya bisa muncul dengan latar belakang Indonesia, mengingat di Indonesia sepanjang sejarahnya terdapat banyak kerajaan besar dari singosari, mataram, padjajaran, sriwijaya dan banyak lagi… belum lagi konflik yg muncul dari masing” kerajaan… semoga game ini sukses ^_^… saya banyak belajar sejarah Kisah Tiga Negara dari Games, dan dari sana banyak nilai” yang masuk. Yang mendorong saya untuk membaca buku SamKok… Semoga dengan begini sejarah Indonesia semakin diminati oleh kalangan muda

  • http://firewalker.kamusilmiah.com Didik Wicaksono

    Kalau dipikir-pikir, dulu Romance of Three Kingdom produksi KOEI adalah sebuah game yang sederhana, game strategi, grafisnya pas-pasan namun sudah cukup meraih pasar game dunia. Game berlatar sejarah Indonesia juga seharusnya bisa begitu. Harus ada yang memulai!

  • http://fatih23.wordpress.com Fatih

    wah keeereeeen….
    postingan ini boleh saya kopi kan????

    moga rilisnya ga molor

    • http://firewalker.kamusilmiah.com Didik Wicaksono

      Tentu saja boleh, asalkan memberikan link ke tulisan ini atau situs NetSains.com :)

  • dabaks

    keren banget game indonesia
    kapan dihadirkan ke seluruh indonesia ?

  • yadi

    tolong donk hadirkan ke wilayah sekitar jakarta
    termasuk serang pingin main game buatan anak negeri
    saya sebagai pemakai segala profesi sangat bangga
    atas adanya game ini

  • Bagus

    Wah jdi penasaran kayak apa gamenya!! . . . . . . .

    kapn to di publikasikan?
    Kasi tau y! . . . . .

  • http://- Ryona

    duh jd pnesarand& 9a sabar pngn nyobain!!!!!
    BTW kpn d publikasiin?
    tlg segera hadirin k BANDAR LAMPUNG yaaaaa!
    d tungguw llhhhhoooo……!

  • zieun

    undang2 yah klau dah mulai nih..
    kira dibikin berapa server yah, contoh kaya travian.co.id

  • R124L

    Bisa Summon Gatot Kaca nga yaa???
    Wkakakakaka… ^o^

  • http://yahoo.com juchan

    ngabuburit yuuk…