NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (Belum ada rating)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Antioksidan: Apa yang KitaPerlu Ketahui Tentangnya

Antioksidan, ya Antioksidan! Beberapa diantara Anda mungkin sudah mengenal dengan baik apa itu sebenarya antioksidan. Seberapa tahukah Anda tentang Antioksidan? Banyak, sedang, atau malah sedikit? Nah artikel ini akan membantu Anda untuk jauh lebih mengenali tentang apa, cara kerja, manfaat, dan jenis dari Antioksidan.

Apa itu Antioksidan?
Antioksidan dapat didefinisikan sebagai suatu zat yang dapat menghambat / memperlambat proses oksidasi. Oksidasi adalah jenis reaksi kimia yang melibatkan pengikatan oksigen, pelepasan hydrogen, atau pelepasan elektron. Proses oksidasi adalah peristiwa alami yang terjadi di alam dan dapat terjadi dimana-mana tak terkecuali di dalam tubuh kita.

Manfaat Antioksidan
Berubahnya minyak menjadi tengik dan berubahnya warna coklat pada apel setelah dikupas adalah contoh proses oksidasi. Kedua hal tersebut dapat dicegah dengan pemberian antioksidan. Pencoklatan pada apel setelah dikupas atau pada just apel terjadi karena senyawa polifenol teroksidasi, bentuk polifenol teroksidasi ini nantinya dapat bergabung satu sama lain membentuk senyawa makromolekul berwarna coklat, dimana senyawa makromolekul ini nantinya bisa membuat jus apel menjadi keruh. Hal ini tentu saja tidak diinginkan di industri sebab akan mengurangi nilai estetika sebuah produk. Uraian diatas adalah contoh manfaat antioksidan bagi industri.

Lalu apa manfaat antioksidan bagi tubuh kita? Tubuh kita terdiri dari triliunan sel. Disetiap sel terjadi reaksi metabolisme yang sangat kompleks. Diantara reaksi metabolisme tersebut melibatkan oksigen, seperti yang kita ketahui oksigen adalah unsur yang sangat reaktif. Keterlibatan oksigen dalam reaksi metabolisme di dalam sel dapat menghasilkan apa yang disebut sebagai “reaktif spesies oksigen” seperti H2O2, radikal bebas hydroksil (·OH), dan anion superoksida ( O2-).

Molekul-molekul ini memang diperlukan tubuh misalnya untuk menjalankan sistem metabolisme dan memberi signal pada sistem syaraf akan tetapi apabila jumlahnya berlebihan seperti pengaruh gaya hidup (merokok, stress, konsumsi obat, polusi lingkungan, pengaruh zat kimia tertentu pada tubuh, radiasi, dll) maka dapat merusak sel dengan cara memulai reaksi berantai lipid, mengoksidasi DNA dan protein. Oksidasi DNA berakibat adanya mutasi dan timbulnya kanker sedangkan oksidasi protein mengakibatkan nonaktifnya enzim yang dapat menghambat proses metabolisme. Disinilah pentinganya kita engkonsumsi antioksidan.


Cara Kerja Antioksidan

Jika di suatu tempat terjadi reaksi oksidasi dimana reaksi tersebut menghasilkan hasil samping berupa radikal bebas (·OH) maka tanpa adanya kehadiran antioksidan radikal bebas ini akan menyerang molekul-molekul lain disekitarnya. Hasil reaksi ini akan dapat menghasilkan radikal bebas yang lain yang siap menyerang molekul yang lainnya lagi. Akhirnya akan terbentuk reaksi berantai yang sangat membahayakan.

Berbeda halnya bila terdapat antioksidan. Radikal bebas akan segera bereaksi dengan antioksidan membentuk molekul yang stabil dan tidak berbahaya. Reaksi pun berhenti sampai disini.

Tanpa adanya antioksidan

Reaktan -> Produk + ·OH

·OH + (DNA,protein, lipid) -> Produk + Radikal bebas yang lain

Radikal bebas yang lain akan memulai reaksi yang sama dengan molekul yang ada diekitarnya.

Dengan adanya antioksidan

Reaktan -> Produk + ·OH

·OH + antioksidan -> Produk yang stabil

Mengapa antioksidan cenderung bereaksi dengan radikal bebas terlebih dahulu dibandingkan dengan molekul yang lain? Antioksidan bersifat sangat mudah teroksidasi atau bersifat reduktor kuat disbanding dengan molekul yang lain. Jadi keefektifan antioksidan bergantung dari seberapa kuat daya oksidasinya dibanding dengan molekul yang lain. Semakin mudah teroksidasi maka semakin efektif antioksidan tersebut.


Jenis Antioksidan

Antioksidan dibagi dalam dua golongan besar yaitu yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Setiap golongan dibagi lagi dalam grup yang lebih kecil. Sebagai contoh adalah antioksidan dari golongan vitamin, yang paling terkenal adalah Vitamin C dan Vitamin E. Vitamin C banyak kita peroleh pada buah-buahan sedangkan vitamin E banyak diperoleh dari minyak nabati.

Antioksidan dari golongan Enzim seperti golongan enzim Superoksida Dismutse (SODs), Katalase, dan Peroksidase. Antioksidan golongan Karotenoid seperti likopen dan Karoten yang banyak terdapat pada buah dan sayuran.

Golongan antioksidan lain yang terkenal adalah antioksidan dari senyawa polifenol dan yang paling banyak diteliti adalah dari golongan flavonoid yang terdiri dari flavonols, flavones, catechins, flavanones, anthocyanidins, dan isoflavonoids. Sumber senyawa polifenol adalah dari teh, kopi, buah-buahan, minyak zaitun, cinnamon, dan sebagainya.

Contohnya yang terkenal adalah Resveratrol yang ditemukan pada buah anggur, Epigalokatekingalat adalah contoh senyawa polifenol yang terdapat pada teh hijau, theaflavin pada teh hitam dan sebaginya.

Jadi antara satu makanan dengan yang lain tidak akan bisa kita simpulkan mana yang paling banyak mengandung antioksidan yang sangat potensial, sebab mungkin saja diantara kedua makanan tersebut mengandung jenis antioksidan yang berbeda. Lalu mana antioksidan yang terbaik? Saya rasa perpaduan diantara antioksidan adalah yang terbaik sebab memberikan efek sinergi jadi sebaiknya kita mengkonsumsi aneka buah dan sayuran.

Ditulis dari berbagai sumber. Sumber foto dari www.sxc.hu.

 

 Tentang Penulis:

indigomorie IndigoMorie adalah seorang "Independent Private Teacher" dengan keahlian khusus mengajar Kimia. Suka menulis dan membangun blog. Penulis sekarang mendalami cara bisnis online dan sedang membangun virtual real estate. Silahkan kunjungi beberapa situs penulis ... Selengkapnya »
 
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • http://www.sarihusada.yahoo.co.id Joko Tis

    Trus trang dr bbrp artikel Merry aq lbh trtarik pd artkl ANTIOKSIDAN, kubc ulang 2x bgkn kucetak bwt sndri aja. Ga tau knp ato mgkn krn aq mrasa dlm tubuhku mngalami spt tsb d.a, sptnya kurangny oksigen yg dpt dserap tubuhku tp bykny (brlbhn) hydrogen yg kluar, jd bwt mikir yg berat dkit aja kepalaku brkringat bhkn smp mnetes jatuh via rambut. Daerah kepalaku lbh panas dbanding anggota tubuh lainny. Adkh Merry pny solusi bgmn agar oksidan ini ga brlbhn spt yg dah aq katakn? Thks. (trus trang aq merokok, 1 hri = 1 bgks) Thks Merry..

    • Yantiz Tomboyz

      hmmmm, dapat pelajaran yg baik neh….egh….gw g lupa juga, sekalian promosi fb getoh…. hehehe….. e-mailna:yayanface@gmail.com;namanya:ya nama yg gw pake ene……..d add ya….bagi yg buka blog antioksidan neh

  • http://sabetoke@gmail.com sabet

    skrg bnyk brdr suplmn kshtn mll bsns MLM ñ mengklaim sbg yg trbaik krn isi antioksidanx lbh tnggi dr yg alami, mnrt anda apkh prdk2 tsb layak dknsmsi ñ aman bg tbh qt?

  • aninda

    Oh iya, benar sekali banyak produk MLM yg menawarkan suplemen anti oxidant. Tapi saya sih setia dengan LEGRES dari SOHO, kata dokter nya aman untuk di konsumsi karena dari bahan herbal. Tapi kemarin saya ke Apotek kata nya LEGRES tidak dijual lagi. kenapa ya?

  • yosep

    apakah daun sirih jg efektif untuk antioksidan?

  • http://www.uni-health.com Nanta

    Legres sebagai antioksidan berbahan dasar Lycopene (dari Tomat) dan Leucoselect Phytosome (biji anggur) keluaran SOHO sebenarnya masih beredar kok…hanya sekarang SOHO memasarkannya dengan cara MLM UNIHEALTH.

  • http://www.health-things.com ika puspitasari

    Haiiiiiiii….pertama kali saya browsing di internet tentang anti oksidan,ada beberapa yang mucul dengan keyword yang sama,tetapi ngga tau kenapa saya lebih tertarik dengan uraian tentang anti oksidan pada blog anda.Bagus banget dan cukup jelas,selain itu penjelasannya cukup relevan,karena saya baru memulai membuka toko online,yang berhubunga dengan suplemen kesehatan,terima kasih banyak yah..artikel anda sangat membantu saya untuk menambah wawasan ttg apa itu anti oksidan..kalau ada waktu luang,silahkan lihat-lihat ke toko saya…

    cheers,ika

  • rheva

    rhev msh need contoh kongkrit dlm kehidupan shari-hari yg sgt sederhana aja, misl : apa suruh ada antioksidany, apa semangka jg ada…… dll, trus klau suntik vit C yg biasa cewek lakui u/ kecantikan itu jg ada ga anti oksidan….. klau keadaan manusia normal sberapa banyak antikosidan yg di butuhkan …… standat manusia harus mpunyai antioksida itu sberapa….. kiranya kami mohon blsan … thank u very much….

  • nuritno

    konsumsi aja klorofil/zat hijau daun dapat berguna bagi tubuh untuk semua jenis penyakit.

  • Fatma Ramadhani

    mo nanya nich…boleh ga untuk ibu menyusui/ibu hamil?

  • dr wempy

    di soho sekarang ada asthinforce dan asthin bond, anti oksidan yg sangat kuat..coba aja
    vit c yg dibutuhkan sehari berkisar 60-100 mg, jadi hati2 yg suka suntik vitc dosis tinggi…faktor resiko batu ginjal

    • Herna

      komposisi asthinforce dan athin bond apa aja ? soalnya baik ibuku dan saya sangat dianjurkan dokter minum itu,,,

  • Hartoyo_tri

    berapa kadar ” ORAC” yang di butuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas…apa akibatnya kalau kelebihan anti oksidan dalam tubuh.tk

    • KIAT S

      setau saya parameter ORAC makin tinggi makin baik, saya menemukan sebuah produk yang mengandung ORAC diatas 20000, bahan2 terbuat dari : buah aqai,buah promegranate, buah cranberry, buah bluebarry,buah elderberry, extrac green tea, buah lycium, buah red raspberry, buah concord grape,red grape, grape seed. sehingga mengandung anthocyanins, phenolics, catechins yang tinggi.produk usa. info hub : kiat s .email KIATFREEDOM@YAHOO.COM

  • nurul

    bolehkah meminum antioksidan asthin b-ond sewaktu hamil dok?