NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (Belum ada rating)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Tips Praktis Mengenali Batu Ginjal

Batu ginjal sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno. Ini terbukti dari ditemukannya batu ginjal di sebuah mumi yang berusia 7000 tahun.

“Sahabat dekat” batu ginjal adalah batu buli-buli yang terdapat di kandung kemih. Batu buli-buli juga disebut sebagai vesical stone atau bladder stone. Menurut catatan sejarah, Raja Leopold I dari Belgia, Napoleon Bonaparte, Napoleon III, Raja Louis XIV, George IV, Benjamin Franklin, Newton, Bacon, dan fisikawan Harvey serta Boerhaave ternyata merupakan penderita batu buli-buli.

Nah, untuk mengetahui tentang batu ginjal secara lebih jelas dan mendetail, silakan simak sajian berikut ini… . Selamat menikmati!!!

Sinonim
Nephrolithiasis, kidney stones, renal stones, urinary stones, urolithiasis, ureterolithiasis, kidney calculi,  renal calculi, ureteral calculi, urinary calculi, acute nephrolithiasis, urinary tract stone disease.

Definisi
Batu yang berada di ginjal dan salurannya.

Epidemiologi
Satu dari 20 orang menderita batu ginjal. Pria:wanita = 3:1. Puncak kejadian di usia 30-60 tahun atau 20-49 tahun. Prevalensi di USA sekitar 12% untuk pria dan 7% untuk wanita. Batu struvite lebih sering ditemukan pada wanita daripada pria.

Penyebab
Banyak faktor yang mempermudah terbentuknya batu ginjal, seperti: genetik (keturunan), riwayat sakit batu ginjal sebelumnya, kurang minum, aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat, cuaca/iklim panas yang menyebabkan volume cairan tubuh cepat berkurang. Jenis pekerjaan, olahraga, atau hobi yang memicu dehidrasi. Konsumsi obat tertentu pemicu terbentuknya batu ginjal, misalnya: efedrin, obat pelancar kencing, antikejang, antivirus (indinavir; atazanavir). Obat lainnya: guaifenesin; triamterene; silicate (penggunaan  antacid yang mengandung magnesium silicate yang terlalu sering/berlebihan); juga obat-obat sulfa, termasuk: sulfasalazine, sulfadiazine, acetylsulfamethoxazole, acetylsulfasoxazole, dan acetylsulfaguanidine. Penyakit dan gangguan metabolisme tubuh, seperti: hiperparatiroidisme, hypercalciuria (peningkatan penyerapan kalsium di usus), penyakit rematik (asam urat atau gout artritis), penyakit usus. Kelainan anatomis (bentuk) ginjal dan salurannya. Batu kalsium, batu asam urat, batu struvite (batu infeksi), batu sistin.

Batu ginjal terbentuk akibat kejenuhan air seni, gangguan keasaman (pH) ginjal, dan menurunnya faktor penghambat kristal, seperti: sitrat, magnesium, protein Tamm-Horsfall, dan bikunin.

Gejala Klinis
Bisa tanpa keluhan sama sekali. Nyeri kolik, yang terasa di satu sisi pinggang atau perut, dapat menjalar ke alat kelamin (buah pelir, penis, vulva), muncul mendadak, hilang timbul, dan intensitasnya kuat. Nyeri ginjal (renal colic), yang terasa di pinggang, tidak menjalar, terjadi akibat regangan kapsul ginjal, sering berhubungan dengan mual dan muntah. Nyeri kandung kemih (buli-buli), terasa di bawah pusat. Urgensi, yaitu rasa ingin kencing sehingga terasa sakit. Disuria, yaitu rasa nyeri saat kencing atau sulit kencing. Polakisuria, yaitu frekuensi kencing yang lebih sering dari biasanya. Hematuria, yaitu terdapat darah atau sel darah merah (eritrosit) di air seni. Anuria/oliguria. Anuria yaitu jika produksi air seni < 200 cc/hari. Oliguria yaitu jika jika produksi air seni < 600 cc/hari.

Pemeriksaan Penunjang
Analisis batu, urin tampung 24 jam, urinalisis. Hitung sel darah lengkap (complete blood cell count). Kimia darah, meliputi: kadar elektrolit, kalsium, fosfat, asam urat, dan kreatinin serum. Analisis hormon paratiroid. Ultrasonografi, foto rontgen perut (plain film radiography), IVP (intravenous pyelography), CT scan, MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Terapi
Obat penghilang nyeri, seperti: golongan narkotik (meperidine, morfin sulfat, kombinasi parasetamol dan kodein, atau injeksi morfin), golongan analgesik opioid (morphine sulfate, oxycodone dan acetaminophen, hydrocodone dan acetaminophen), golongan analgesik narkotik (butorphanol), golongan anti-inflamasi non steroid (ketorolac, diclofenac, celecoxib, ibuprofen). Antiemetic (metoclopramide) jika mual atau muntah. Antibiotik jika ada infeksi saluran kemih, misalnya: ampicillin plus gentamicin, ticarcillin dan clavulanic acid, ciprofloxacin, levofloxacin, ofloxacin. Untuk mengeluarkan batu ginjal dapat juga dengan obat golongan calcium channel blockers atau penghambat kalsium (nifedipine), golongan alpha-adrenergic blockers  (tamsulosin, terazosin), golongan corticosteroids atau glukokortikoid, seperti: prednisone, prednisolone. Obat pilihan lainnya: agen uricosuric (allopurinol), agen alkalinizing oral (potassium citrate). Tindakan intervensi lain yaitu dengan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), ureteroskopi, ureterorenoskopi, percutaneous nephrolithotomy, bedah terbuka.

Pencegahan
Minum air putih 2,3–3,3 liter setiap hari. Pembatasan garam dapur. Pembatasan protein hewani. Diet rendah oksalat (mengurangi konsumsi: sayuran berwarna hijau, gula bit, kacang-kacangan, biji-bijian, produk kedelai, teh, cokelat, strawberry. Diet rendah purin (mengurangi konsumsi: sarden, kerang, otak, jeroan; jantung, hati, usus, limpa). Memperbanyak konsumsi bayam, kangkung, kacang panjang dan daunnya, buncis, gandum, beras yang semuanya ini kaya akan serat tak larut yang akan mengikat kalsium, sehingga kalsium yang diserap usus berkurang, dan ekskresi melalui ginjal juga berkurang. Mengurangi konsumsi jus apel dan jus anggur, sering mengonsumsi: minuman jeruk, minyak ikan, vitamin B6, dan fitofarmaka penghancur batu ginjal, seperti: tempuyung, srigunggu, sambang getih, gempur watu, keji beling.

Tahukah Anda?
Penderita batu ginjal dan sedang menjalani diet rendah oksalat sebaiknya tidak mengonsumsi vitamin C dosis tinggi, karena vitamin C dapat meningkatkan kadar oksalat di dalam darah.

Referensi dan Bacaan Lebih Lanjut
1.    Cahyono, JBSB. Batu Ginjal: Bagaimana Mencegah & Menanganinya? Penerbit Kanisius. Yogyakarta. 2009.
2.    Craig S. Renal Calculi. eMedicine Specialties > Emergency Medicine > Genitourinary. Updated: Dec 31, 2008.
3.    Finkielstein VA, Goldfarb DS. Strategies for preventing calcium oxalate stones. CMAJ. May 9 2006;174(10):1407-9.
4.    Preminger GM, Tiselius HG, Assimos DG, Alken P, Buck C, Gallucci M, et al. 2007 guideline for the management of ureteral calculi. J Urol. Dec 2007;178(6):2418-34.
5.    Webber R, Tolley D, Lingeman J. Kidney stones. Clin Evid. Dec 2005;(14):1048-56.
6.    Wen CC, Nakada SY. Treatment selection and outcomes: renal calculi. Urol Clin North Am. Aug 2007;34(3):409-19.
7.    Wolf Jr JS. Nephrolithiasis. eMedicine Specialties > Urology > Stones. Updated: Dec 10, 2008

Sumber gambar: http://www.pilotfriend.com/aeromed/

 

 Tentang Penulis:

Dr Dito Anurogo Dito Anurogo adalah dokter yang sedang berkarya dan mengabdikan diri di neuroscience department, Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII), Surya University, Indonesia. Ia adalah dokter pehobi filateli-numismatik, fotografi, pecinta alam, pernah aktif di FLP (Forum Lingkar Pena) Semarang, Member of IFMSA (International Federation of Medical Students' Associations), dan konsultan kesehatan di NetSains.net dan detik.com. Ia mendapatkan sertifikasi CME dari berbagai universitas ... Selengkapnya »
 
  • Website Pribadi/Blog:
  • Tulisan di NetSains: 144 Tulisan
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • Muchdi Suherman

    Selain minum air putih, ada tidak cara pencegahan yang gak bikin repot (misalnya obat kapsul minum yang berefek sedikit dan apa obat/ ramuan yang sekarang ada termasuk cara efektif?). Jika ada dan ya, itulah berita bagus dan patut didukung untuk disosialisasikan lebih luas. Mudah-mudahan (syukur jika telah ada) suatu saat tersedia yang terbaik.

  • Chacha

    Dok mau tnya. Apakah pnderita batu gnjl sama dngan pnderita gagal gnjl? Apa sich pnyebab utama seseorang trkna bt gnjl?

  • http://Tipsmengenaibatuginjal Mia

    Dok mau nanya ada bbrp artikel mengatakan batu ginjal dapat diobati dgn terapi apel namun sy baca dalam artikel ini jus apel sebaiknya dihindari.saya jadi binggung yang mana yg benar.sebagai info bat ginjal yg ibu sy derita dikarenakan asam urat bkn krn kalsium.mohon bantuannya..trims

  • erni_jafar@yahoo.co.id

    Saya pernah dengan dari orangtua di kampung kalau batu ginjal bisa diobati pake buah kemiri yang masih sama kulitnya kemudian dibakar sampai jadi arang, setelah dimatikan dan dinginkan ditaruh pada gelas dan dituangi minuman soda setelah buih soda habis barulah diminum. Batu-batu ini akan keluar bersama urin seperti pasir. Ini kebiasaan orang diflores.
    Ada zat apa yang terkandung dalam kemiri yang dibakar ya Dok.

  • nir

    Dok, kakak saya usianya 30 tahun. beberapa minggu lalu seluruh badannya bengkak diawali dengan pembengkakan di wajah saja lalu melebar ke bagian tubuh lainnya. tapi satu minggu ini sudah agak lumayan baekan karena diberi obat pelancar kencing oleh mantri.

    Selain itu, dia juga sering sakit perut dan pada saat itu biasanya wajahnya juga membengkak. apa betul kakakku gangguan ginjal Dok?

    Terimakasih…

  • Ahmad zakky

    Dok, saya kok klo udh minum teh, kopi, pokok minum sesuatu, saya sering kencing yg volume nya terlalu berlebihan…
    Apakah saya sakit ginjal, Dok?
    Dan apa solusi terbaik buat saya, Dok?
    Terima kasih

  • toto

    Pak Dokter Yth,

    Terima kasih tulisannya, telah menambah pengetahuan & wawasan saya tentang ginjal.
    Salam.

  • bella

    dok saya mau tanya apa yang harus dilakukkan oleh orang yang hanya hidup dengan satu ginjal,agar tidak terjadi gagal ginjal untuk kedua kalinya?

  • Tumpak Hotland Ricardo Sirait

    kalo sdh sakit banyak sekali pantangan mknan yg hrs d hindari !!!! inti ny seperti itu…..kalo sdh senang, manusia lupa akn segalany,,,Itulah manusia….!!!!!!

  • mhila azzahra

    tp byk yg aq bc di buku2 klo mengkonsumsi buah apel atau jus apel yg banyak justru membantu mencergah terbentuknya batu ginjal. tp di artikel kok malah dilarang? mohon penjelasannya.

  • JOSE

    selamat siang pak dokter

    saya mau tanya: sayuran seperti yang dokter jelaskan itu bukan yang dilarang konsumsi..? soalnya saya bulan juni saya antar kakak saya berobat ke rumah sakit GATSU, dan dokter menyarankan hal itu, maaf mohon penjelasannya

    terimakasih.

  • PUTRA

    dok, cara mengobati penyakit anuria ada tidak..

  • himawan

    dok,2bln yg lalu sy menjalani opeqpasi pengangkatan batu kandungkemih.berapa persenkah kemungkinan untuk kambuh?.apakah boleh sy berpuasa dibln romadhon ini?

  • Dadun Kohar

    Isi tulisanya sangat membantu saya yang pernah mengalami batu ginjal (skr sudah sembuh). Kapan ada bahasan penyakit paru-paru (dicurigai ada benjolan/massa). Terimakasih.

  • ries nandar

    Mohon saran diet mencegah batu ginjal bagi penderita diabetes. terima kasih.

  • erda

    dok saya mau tanya ,,,,,
    bapak saya terkena batu ginjal dan sdah bri obat dan jg sudah diperiksa,,dan terdapat batu 2mmdi ginjal sebelah kanan..
    dan sekarang minum obat tradisional herbal batu nir..pertanyaanya,,,papkah obat batu nir itu baik dikonsumsi oleh si penggunan jngka waktu panjang???dan obat medis pap yang cocok tuk menghancurkan batu ginjal??

  • zil

    dokter,
    saya ingin mau tanya, apakah batu ginjal itu bisa dihancurkan tanpa operasi atau tidak?

    jikalau memang bisa dihancurkan batu ginjalnya tanpa di operasi, kira-kira rumah sakit mana yang bisa di menangi kasus seperti ini?

    terima kasih dokete atas jawabanya!

  • agus

    malam dok…saya baru menikah 1thn dan saya blm punya anak,saya merasakan ciri-ciri yang dokter tulis mengenai batu ginjal..apakah ada pengaru ke seperma saya dok atas jawabanya trimakasih

  • http://pulse.yahoo.com/_I5CA5O3CDTVR3FK3GNEYHM7IBQ ara

    dokter pacar saya umurnya 26 tahun, gejala2nya persis yang dokter tulis diatas. sudah di poto rontagen oleh dokter didiagnosa ada batu ginjalnya (tapi tidak kelihatan di foto tersebut). Dokter menyarankan untuk operasi karena ginjal kanannya sudah bengkak. Menurut dokter apa yang harus dilakukan. Apa benar harus operasi atau masih bisa diterapi dengan obat2 an seperti keji beling? O’ya pacar saya 2 hari ini merasakan sakit yg sangat di pinggang, kanan, punnggung pegal. Terimakasih sebelumnya, saya tunggu jawaban dari dokter