NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
chemistry
  • Can't retrieve RSS Feed
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 suara, nilai: 2.00 ⁄ 5)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Apakah ini Darah Keperawanan Saya?

jpgbrideTanya:

Ass.wr.wb,
Dear Dr.Dito Anurogo…

Semoga Alloh SWT senantiasa melimpahkan kasih sayang dan rahmatNya untuk Dokter dan keluarga. Mohon maaf sebelumnya jika pertanyaan saya ini lancang dan mengganggu… . Saya mendapatkan alamat email dokter dari search internet ‘netsains.com’.

Saya sedang bingung dan pusing memikirkan masalah yang sedang saya hadapi saat ini… Paling tidak saya butuh analisa awalan dari seorang dokter kandungan, karena saya belum sempat berkonsultasi datang langsung ke dokter kandungan.

Di lain sisi, suami saya ingin saya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan perempuan, padahal 3 malam ini saya sedang ada tugas kantor yang harus saya selesaikan dengan lembur di kantor.

Begini dok, hari Jumat lalu (27 Nov 2009) saya berhubungan badan dengan suami siang harinya… setelah 3 hari yang lalu saya bersih setelah haid… lalu malamnya kembali kami berhubungan kembali dengan posisi saya diatas… namun saya amat kaget karena setelah saya menarik diri dari suami, keluar darah dari vagina saya sangat banyak… dan hingga saat ini masih keluar darah dan flek… yang ingin saya tanyakan:

1. Apakah darah tersebut disebabkan karena pendarahan karena robeknya selaput darah saya (analisis suami saya, karena sejak awal menikah saya tidak mengeluarkan darah sama sekali, kami menikah sejak juli 2007 dan mei 2008 saya melahirkan secara cesar. Apakah mungkin itu pendarahan karena robeknya selaput dara?

2. Atau itu haid lanjutan saya…tapi, sebelumnya/biasanya saya haid teratur sebulan sekali dan tidak pernah sebulan dua kali….saya sampai bingung untuk shalat atau tidak….

Mohon bantuan dan pencerahannya, serta tindak lanjut apa yang harus saya lakukan… Jawaban dokter sangat saya nantikan dan harapkan.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
Ny. X di Kota X.

Jawab:
Yth: Ny.X
Aswrwb.

Terimakasih atas kepercayaan ibu terhadap kami. Sebelumnya kami mohon maaf jika kami terlambat di dalam menjawab pertanyaan ini serta ada kata-kata atau penjelasan kami di jawaban ini yang kurang berkenan di hati ibu.

To the point saja ya bu…

1. Apakah darah tersebut disebabkan karena pendarahan karena robeknya selaput dara saya (analisis suami saya, karena sejak awal menikah saya tidak mengeluarkan darah sama sekali, kami menikah sejak juli 2007 dan mei 2008 saya melahirkan secara cesar. Apakah mungkin itu pendarahan karena selaput dara robek…?

Data yang berhasil kami dapatkan:

* Keluar darah dari vagina saya sangat banyak.
* Setelah berhubungan badan.
* Hingga saat ini masih keluar darah dan flek
* sejak awal menikah (Juli 2007) tidak mengeluarkan darah sama sekali
* Mei 2008 saya melahirkan secara cesar
* Haid teratur sebulan sekali

Sayang sekali Anda belum menyebutkan data tentang:

1. Apakah keluarnya darah disertai dengan nyeri? Apakah juga disertai nyeri perut? Jika iya, nyeri perut disebelah mana?
2. Berapa kali sehari Anda mengeluarkan darah?
3. Berapa cc atau gelas kira-kira jumlah darah yang keluar? Ini perlu kami ketahui sebab ukuran “sangat banyak” menurut tafsiran/interpretasi awam dan medis seringkali berbeda.
4. Apakah Anda mengonsumsi fastfood atau junkfood kira-kira dalam waktu seminggu sebelum “berhubungan yang berdarah ini”? Anda suka/rutin mengkonsumsi buah-buahan, sayuran?
5. Apakah darah tersebut bergumpal atau encer?
6. Warna darah tersebut merah segar, kehitaman, merah tua, kecoklatan?
7. Apakah disertai lendir? Apakah berbau?
8. Bagaimana dengan buang air kecil-besar? Apakah terganggu atau normal?
9. Apakah Anda memakai kontrasepsi atau ikut KB? Jenis susuk, hormon, atau pil?
10. Apakah ada riwayat keluarga (ibu, kakak, adik, tante, nenek) menderita kanker/tumor kandungan? Atau ada riwayat keluarga yang pernah keguguran?
11. Apakah Anda mengonsumsi obat-obat tertentu?
12. Bagaimana kondisi fisik dan psikologis Anda sebelum dan setelah berhubungan badan? Apakah Anda dalam keadaan tertekan, sehat, bugar?

Analisis kami

Dari beberapa data yang kami peroleh di atas, ada beberapa kemungkinan:

1. Darah tersebut merupakan sisa-sisa darah haid.
2. Jelas BUKAN darah akibat robeknya selaput dara, karena darah yang keluar akibat robeknya selaput dara tidak banyak dan tidak berkesinambungan (tidak keluar terus-menerus).

Perlu diketahui, perdarahan akibat robekan selaput dara biasanya tidak terlalu banyak, serta tergantung dari: ketebalan, bentuk pembuluh darah di tempat robekan.

3. Perdarahan juga bisa disebabkan oleh robekan dinding vagina, yang terjadi di perbatasan dengan mulut rahim. Robekan ini biasanya terjadi akibat:

1. Kurangnya pemanasan (foreplay)
2. Terjadi penetrasi terlalu dini (masuknya penis ke dalam vagina terburu-buru, padahal vagina belum “siap tempur”).
3. Belum ada/masih sedikitnya proses lubrikasi (pelumasan) dari vagina.
4. Penis berjuang “terlalu keras” alias bersemangat 45, seperti perang gerilya.

Bila darah yang keluar akibat robekan vagina ini terus menerus dan tidak dapat berhenti sendiri, maka sudah pasti memerlukan penjahitan robekan oleh tenaga medis yang terampil (boleh dengan bidan, dokter umum, atau spesialis kandungan).

4. Ada juga kemungkinan perdarahan itu karena: infeksi/luka di organ reproduksi, atau karena keganasan, meskipun persentasinya kecil.

Sekadar info selingan, banyak wanita “berdarah” setelah pengalaman pertama seks mereka sementara yang lainnya tidak “berdarah” karena banyak faktor, antara lain: ketidakelastisannya atau bentuk selaput dara mereka.

Tanggapan atas Pertanyaan Kedua:

2. atau itu haid lanjutan saya…tapi sebelumnya /biasanya saya haid teratur sebulan sekali dan tidak pernah sebulan dua kali….saya sampai bingung u/ shalat atau tidak…

Kemungkinan besar, analisis kami, memang darah haid lanjutan. Coba ditunggu dulu 3-5 hari, jika masih keluar darah banyak, memang perlu dikonsultasikan ke dokter kandungan terdekat.

Tentang sholat, jika biasanya siklus haid ibu teratur dan sekarang tidak, maka solusinya:

1. Segera mandi besar segera setelah keluar darah.
2. Berwudhu dan langsung sholat saja seperti biasa.
3. Jangan ragu-ragu, niatkan sholat karena Allah SWT semata.
4. Jika masih keluar darah lagi, segera mandi besar lagi, berwudhu, dan sholat. Jangan pernah bosan, jemu/jera. Memang ibu sekarang sedang diuji oleh Allah SWT. Yang sabar saja, ya bu…. ini berarti Allah sayang sama ibu, sehingga Ia menguji ibu.

Ibu X YTH…. Allah Mahatahu dan Maha Pengampun. Daripada ibu ragu-ragu dan tidak sholat, lebih baik mantapkan hati ibu untuk sholat, memperbanyak dzikir, istighfar, sholawat, bersodaqoh, dan berbuat amal kebaikan lainnya. Perlu diingat bahwasanya keragu-raguan itu datangnya SELALU dari iblis, syaitan, dkk.

Demikian analisis kami. Kebenaran itu datangnya dari Allah SWT semata dan kesalahan itu murni dari keterbatasan kami sebagai manusia biasa.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kasih sayang dan rahmatNya kepada kita semua. Amin.

Waswrwb.

Salam SEHAT Selalu !!!
Dr. Dito Anurogo

Penulis Buku dan Ebook

Penemu Hematopsikiatri

Konsultan Kesehatan di www.NetSains.com

foto:bridalpartytees.com

 

 Tentang Penulis:

Dr Dito Anurogo Dito Anurogo adalah dokter yang sedang berkarya dan mengabdikan diri di neuroscience department, Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII), Surya University, Indonesia. Ia adalah dokter pehobi filateli-numismatik, fotografi, pecinta alam, pernah aktif di FLP (Forum Lingkar Pena) Semarang, Member of IFMSA (International Federation of Medical Students' Associations), dan konsultan kesehatan di NetSains.net dan detik.com. Ia mendapatkan sertifikasi CME dari berbagai universitas ... Selengkapnya »
 
  • Website Pribadi/Blog:
  • Tulisan di NetSains: 147 Tulisan
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • Dimas

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Langsung saja ya dok, saya mempunyai keluhan nie, dulu waktu kecil badan saya termasuk anak yang tinggi dan bongsor, tetapi ketika kelas 5 SD saya mengenal onani, saya merasa kecanduan sampe sekarang bahkan saya bisa melakukannya sehari sampe 4 kali bahkan sampe sekarang pun kebiasaan itu tidak bisa saya hentikan, kalau sehari saja saya tidak melakukan itu maka pikiran saya gelisah dan melakukan kerjaan apapun tidak bisa konsentrasi, semenjak mengenal onani saya merasa pertumbuhan tubuh saya terhambat bahkan tersalip anak-anak dibawah umur saya, tinggi saya sekarang cuma 158cm dan umur saya sekarang sudah 23 tahun, tentu saja sebagai seorang anak laki-laki hal itu membuat saya jadi agak minder apalagi kalau didekat cewek yang lebih tinggi dari saya, yang mau saya tanyakan, apakah kebanyakan onani yang menghambat pertumbuhan saya, bagaimana dok solusinya? terus bagaimana cara untuk menghentikan kebiasaan saya itu soalnya saya sudah melakukan berbagai cara tapi tidak berhasil,,
    Sekian dari saya, saran dan solusinya saya tunggu dan saya nantikan,,
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  • nana

    Saya sudah beberapa kali berhubungan dengan suami saya, namun karena suami saya seorang pekerja yang pulang 2 atau 3 minggu sekali. ketika saya berhubungan dengan suami saya, beberapa hari kemudian ketika tanggal haid saya tapi saya tidak haid hingga 2 bulan kemudian dan saya kira saya telah hamil, namun setelah dicek ternyata negatif. tapi jika saya tidak berhubungan dengan suami saya maka haid saya lancar. ini sudah terjadi 2 kali. mohon infonya.

  • ida

    dok, saya mau tanya apakah onani itu bisa mengakitbatkan keluarnya darah keperawanan?
    karena setelah melakukan onani pagi harinya di celana dalam saya kok ada darahnya
    tapi 3 hari sebelumnya saya baru suci dari haid, apakah itu darah haid ataukah darah keperawanan, tolong jawab ya dok!
    makacih sebelumnya

  • Nilam

    Dok, saya mau tanya. Saat haid suatu kali mulas dan hampir pingsan, lalu setelah itu keluar sesuatu seperti daging dan rasanya hangat. Karena ukuranya agak besar maka saya khawatir dok. Sebenarnya itu menandakan apa? Penyakit atau bukan, Bahaya tidak, Dok? Terima kasih.

  • Arti

    Dok,

    Saya mau bertanya apakah kehamilan bisa diketahui dibawah 7 hari sejak melakukan hubungan, karena saya mesti minum obat untuk penyakit Hidung sementara sy kawatir saya hamil dimana sy belum bs mengetahuinya karena belum mengalami keterlambatan haid, saya sudah cek dgn tes sensitive dan hasilnya negative, yg saya ingin tanyakan dokter apakah aman bila saya mengkonsumsi obat hidung tersebut dok?
    Terima Kasih

  • Fauzan

    Saya mau bertanya.. Saya saya sering berhubungan intim dengan istri saya dari pertama menikah.. Tapi mengapa tidak ada darah saat pertama kali saya berhubungan badan? Saat saya masukan jari saya ternyata ada seperti penghalang dan jaraknya agk jauh, kira-kira ini apa ya? Karna saat saya coba tekan istri saya lgsng meringis dan saat saya tekan seperti bs membuka..mhon penjelasannya..

  • desi

    saya mau bertanya,saya pernah mengalami kecelakaan jatuh dari motor akibat tabrakan dengan motor lain,lalu saya mengeluarkan sedikit darah di dalam vagina,padahal saya gy g datang bulan pada waktu itu. yang saya tanyakan apa darah yang saya keluarkan pada waktu itu karena disebabkan selaput saya robek? dan kalau selaput darah saya robek di akibatkan peristiwa itu, apa saya masih perawan?

  • elmira

    kenapa ya setiap saya berhubungan badan dg suami saya dari awal saya maried saya tidak pernah mengeluarkan darah,tapi terkadang saat suami saya memasukkan jarinya ke vagina saya,pasti keluar darah.darah apa sich itu sebenarnya?

  • hadi

    saya 20 tahun sudah menikah, awal menikah kami spakat untuk ikut KB suntik hanya 3 bulan yang program tiap bulan, bulan pertama dan bulan kedua istri saya lancar ikut KB itu, tapi di bulan ketiga saya berhenti dan tidak ikut lagi karena kami sudah siap punya anak,
    tapi sampai sekarang setiap selesai melakukan hub badan dg suami saya kira-kira 10-30 menit itu mengeluarkan darah kadang kental kadang encer kadang flek kadang banyak kadang sedikit.
    kenapa dengan saya dok???

  • Diba

    Ass. Dokter

    Saya adalah wanita berusia 28 tahun, 2 bulan lagi saya berusia 29 tahun saya belum menikah dan masih perawan.
    Minggu yang lalu saya belajar naik motor dan terjatuh saya tidak tahu apakah kecelakaan itu kecil atau besar, tapi luka luar hanya lecet di lutut kanan dan sedikit di telapak tangan kanan. Dua hari kemudia saya merasa pegal dan saya melihat sedikit memar di sebelah luka di lutut. saya juga melihat setetes (hanya sedikit) berkas darah di tissue setelah saya buang air kecil.
    Dokter, saya bingung darah apakah itu? saya pikir ini adalah menstruasi karena memang sudah waktunya saya datang bulan, namun ternyata bukan. apakah itu akibat dari jatuh? darah apa itu? apakah selaput darah saya robek? (darah cuma sedikit sekali) apakah itu artinya saya tidak perawan lagi? atau ada luka dalam organ reproduksi saya sehingga berdarah? tapi saya tidak merasakan rasa sakit apapun melainkan pegal-pegal? terimakasih…

  • windra

    nama saya windra, saya berusia 24 tahun dan baru menikah sekitar 5 bulan yang lalu. saya mo nanya, kenapa akhir-akhir ini, setelah saya berhubungan suami istri, keluar darah,padahal dulu ngga sama sekali. itu terjadi setelah saya datang bulan dan kira-kira dua minggu setelah datang bulan.

  • lia

    siang dok,,

    saya ingin menanyakan dok,calon suami saya pernah memasukkan jarinya ke vagina saya kira2 4 cm. tp kami tidak pernah berhubungan intim. saya bingung apa saya masih perawan atau tidak? tapi waktu jarinya masuk tidak mengeluarkan darah seperti kata orang selaput dara pecah saya bingung dok, mohon jawabannya dok.

  • ranye

    1. malam dokter saya ingin bertanya anak di bawah umur 6 tahun dia di berhubungan intim… apakah sudah tidak perawan?????????????

    wanita yg mengadakan onane apakah sudah tidak perawan???

    harap dijawab ya….
    terima kasih dokter………

    balas ke e-mmail saya ranye16@yahoo.com

  • Stefanie Linda Sari

    dok, 2 minggu lagi saya akan menikah,,tapi sepertinya saya mengalami kebingungan masalah keperawanan. banyak teman-teman saya yg berasumsi soal keperawanan yang menurut saya hanya mitos. saya takut suami saya memiliki pemikiran yang sama dengan temen-teman laki2 saya yg sangat berbau mitos soal keperawanan. yang ingin saya tanyakan, benarkah ada tanda khusus yang hanya diketahui oleh pria dalam mengetahui apakah istrinya perawan atau tidak?
    jika ada tanda khusus, memang tandanya apa dok ??

    saya berterima kasih sekali kepada dokter yang bersedia menjawab pertanyaan saya.

  • agus

    saya pernah memasukkan jari saya ke kemaluan perempuan, yg mau saya tanyakan apakah perempuan tersebut masih perawan atau tidak?
    trimakasih.

  • Hera

    Saya mau bertny dok,,,saya bru menikah rencana’y mau mengikuti KB
    yg sya tanyakan….yg paling baik untk pertama kali menggnkn alat kontrasepsi apa ya dok??
    suntik,,,pil,,,su2k??

    mohon d jawab ya dok
    terimaksh

  • ibu fitri

    dok??sy seorg ibu rmh tangga,wktu blm menikah sy sering mlkkan hbngan badan dgn suami sy tp cmn d luarx sj dan sy mlkukanx slma 4 thn.dan ktka sdh menikah pd mlm prtma tdk ada darah yg kluar.prtaxaan sy dok?apakah dgn melakukan hbngan bdan d luar vagina dpt menyebabkan trkoyakx selaput darah?mksh sblmx..dr ibu ani

  • Warshe Asih

    apakah orang tidak perawan lagi bisa mengeluarkan darah pada saat kita melakukan ML? benakah orang yang perawan itu harus mengeluarkan darah saat melakukan seks pertama….

  • Kerenzzkikie

    saya pernh hbngn intim tapi darhnya cma dkit,,,
    tu dblng mash perwan g gak ya???

  • Thaliamusika

    sy mau brtanya dok,saat mau brhubungan intim dg suami,dan saat melakukan pemanasan dg memakai jari yg dimasukin ke vagina,vagina sy mengeluarkan darah…ap yg tjdi ea dok. . .pdhl saat mlm pertama sama sekali tidak mengeluarkan darah.. .

    mohon kasih penjelasan ea dok,,,,terimakasih

  • Dery

    dok saya kan udh pernah melakukan hubungan badan dengan istri saya, tapi sudah 3 hari ni istri saya masih mengeluarkan darah.
    katanya darahnya kental… itu kenapa ya dok

  • Dery

    dok saya kan udh pernah melakukan hubungan badan dengan istri saya, tapi sudah 3 hari ni istri saya masih mengeluarkan darah.
    katanya darahnya kental… itu kenapa ya dok

  • ari

    dok aku mau tanya kenapa ya istri ku setelah berhubungan intim mngeluarkan darah, darah nya itu encer dan darah nya bnyk..
    seblum nya makasih dok.

  • http://www.facebook.com/people/IlhamNet-Dumai/100000884566476 IlhamNet Dumai

    dokter sy mau tanya

  • http://www.facebook.com/people/IlhamNet-Dumai/100000884566476 IlhamNet Dumai

     dok sy mau tanya,sy melahirkan sudah dapat 60 hari lebih tp darah masih keluar 5 hari yg lalu sy periksa lalu di usg kt dokter masih ada sisa plasenta 2 senti oleh dokter sy di beri obat,besoknya pas sy mau kencing keluar sesuatu sebesar jempol jari tangan.apakah itu sisa plasenta yg tertinggal dok.sejak itu sampai skrg darah segar terus keluar, kira2 sampai berapa lama berentinya darah dokter…….? timakasi

  • http://profile.yahoo.com/63PMRXWVH64XGTOWXY57R4TE5Y Pipit

    Assalamu’alaikum wr.wb
    langsung saja ya dok ,saya mempunyai keluhan setelah melakukan hubungan intim saya mengeluarkan darah terus hampir mau satu minggu masih belum berhenti darah yang keluar memang tidak banyak tapi membuat saya bingung dan takut saya juga bingung apa kah sah buat sholat.tolong ya dok bantu saya dengan menjawab pertanyaan saya terimakasih

  • h4rpan hlh

    salam dok

    sebelumnya saya mnta maaf krn menyakan hal ini pada dok.saya punya pacar dan kami sudah melakukan hubungan intim.dan akhir-akhir ini setelah kami melakukannya pacar saya mengeluarkan bercak darah sedikit dan disertai dengan sakit perut..apakah ini berbahaya dok?
    dan apakah ini tanda-tanda buat kehamilan?
    saya memohon pada dok untuk memberikan sedikit penjelasan kepada saya.

    terimakasih dokter

  • eenad

    maaf dok saya mau bertanya apakah dengan menggunakan jari bisa membuat robekan dan apakah bisa keluarnya darah perawan sesudah melakukan hubungan badan ,maksutnya sesudah beberapa hari berhubungan badan baru keluar darah perawannya ?

  • http://profile.yahoo.com/ASQELRRJCWQXPPSCAYUT2CM5EQ Een

     maaf dok saya mau bertanya apakah dengan menggunakan jari bisa membuat
    robekan dan apakah bisa keluarnya darah perawan sesudah melakukan
    hubungan badan ,maksutnya sesudah beberapa hari berhubungan badan baru
    keluar darah perawannya ?

  • BEER

    dok.. saya ,mau bertanya, apakah selain dengan cara di jahit ada cara lain? karena pendarahan yang terjadi memang cukup banyak dan amis. saya tidak mau dijahit atau pun dilakukan tindakan medis. apakah bisa berhenti sendiri? lalu yang terjadi pada saya saat ini adalah, bagian mulut dinding kemaluan di bagian bawah sangat perih ketika terkena air. saya memang tidak melalukan foreplay. mohon bantuannya segera ya dok.. makasih