NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 suara, nilai: 5.00 ⁄ 5)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Gel Lidah Buaya, Pengawet Alami Buah-Buahan

aloe-veraNetsains.Com -Khasiat lidah buaya  sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan perawatan kulit, telah lama dikenal masyarakat Indonesia. Bahkan, lidah buaya juga dapat dikembangkan sebagai produk minuman segar. Potensi lidah buaya sangat baik untuk terus dikembangkan, salah satunya dengan pengembangan produk lidah buaya atau  Aloe vera sebagai bahan pengawet alami. Kandungan enzim oksidase dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan dalam peningkatan daya simpan bahan pangan.

Potensi lidah buaya yang mengandung enzim oksidase sebagai antioksidan merupakan hal yang dapat dikembangkan. Hal ini menyiratkan bahwa tanaman lidah buaya berpotensi sebagai bahan pengawet alami terhadap bahan pangan sehingga dapat meningkatkan daya simpan bahan pangan tersebut.

Pengawetan sendiri bertujuan untuk menghambat terjadinya pembusukan bahan pangan dan menjamin kualitas awal bahan pangan agar tetap terjaga selama mungkin. Salah satu peranan bahan pengawet adalah sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, zat-zat pengawet akan menekan reaksi yang terjadi pada saat pangan berkontak dengan oksigen, sinar panas dan beberapa logam sehingga dapat mencegah  terjadinya kebusukan dan munculnya noda-noda hitam pada produk pangan.

Buah-buahan memiliki manfaat gizi yang sangat baik bagi tubuh, namun banyak buah memiliki daya simpan yang cukup singkat sehingga menyebabkan buah tersebut cepat membusuk. Pengawetan terhadap buah-buahan sangat sering dilakukan oleh masyarakat. Namun, pengawetan dengan menggunakan bahan alami untuk menghindari efek dari bahan kimia pengawet, masih sangat jarang dilakukan oleh masyarakat luas. Peningkatan daya simpan dari buah-buahan melalui pengawet alami dapat dikembangkan. Pengawetan dengan bahan alami menggunakan gel lidah buaya dapat dijadikan perhatian oleh masyarakat luas mengingat adanya enzim oksidase sebagai sifat antioksidan dalam gel lidah buaya.
Pengawet alami sangat diperlukan masyarakat saat ini. Banyaknya pengawet berbahaya terhadap kesehatan yang beredar di pasaran menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat untuk menggunakannya. Dampak yang dtimbulkan oleh pengawet berbahaya tersebut sangat beresiko tinggi terhadap kesehatan masyarakat. Bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti Ca- Benzoat, Sulfur Dioksida (SO2), K-Nitrit, Na-metasulfat, dan Asam Sorbat adalah beberapa bahan kimia yang dapat dipakai sebagai bahan pengawet. Bahan-bahan kimia ini diizinkan beredar di pasaran namun kurang aman jika dipakai sebagai pengawet buah-buahan. Pemakaian dalam komposisi yang tinggi dapat menimbulkan efek yang buruk terhadap kesehatan manusia. Beberapa bahan pengawet tersebut dapat menyebabkan kesulitan bernapas, sakit kepala, anemia, radang ginjal, dan muntah-muntah.

Pengawet alami buah dari gel lidah buaya ini dirancang sebagai produk pengawet alami pada buah. Kehadiran produk ini di kalangan masyarakat diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan yang unggul dengan kealamiannya. Pengawet ini dapat meningkatkan daya simpan buah khususnya buah yang langsung dimakan tanpa mengupas kulitnya. Hal ini disebakan adanya sifat antioksidan dan gel lidah buaya dapat membuat lapisan seperti lilin ketika dilapisi ke buah sehingga akan tetap menjaga kualitas kulit buah.

Proses pengawetan alami pada umumnya telah banyak dilakukan masyarakat seperti proses penggaraman, pendinginan, pengeringan, pengalengan, dan penyinaran. Beberapa proses ini umumnya bersifat alami sehingga aman dan tidak menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan manusia.

Produk pengawet ini sangat alami karena bahan baku pembuatannya tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Produk pengawet ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya bahan baku yang mudah diperoleh, proses yang sederhana, waktu proses yang singkat serta tidak menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya.
Gel lidah buaya (Aloe vera) dikenal mempunyai efek untuk mengobati kulit yang terbakar dan mengalami iritasi (Furnawanthi, 2007).

Para peneliti di Spanyol menyatakan bahwa mereka telah mengembangkan gel dari tumbuhan tropis yang dapat digunakan sebagai pelapis yang bermanfaat untuk memperpanjang kualitas dan kesegaran produk. Gel tersebut, tidak mempengaruhi rasa atau rupa buah, aman digunakan, alami dan aman bagi lingkungan. Gel tersebut dapat digunakan sebagai pengganti pengawet konvensional untuk produk  pasca panen seperti yang sekarang digunakan.
Gel bekerja melalui kombinasi dari beberapa mekanisme.

Gel, yang sebagian besar terdiri dari polisakarida, berperan menghalangi kelembaban dan oksigen yang dapat mempercepat pembusukan makanan. Tetapi gel juga meningkatkan keamanan pangan. Gel lidah buaya mengandung beragam antibiotik dan anti cendawan yang berpotensi memperlambat atau menghalangi mikroorganisme yang mengakibatkan keracunan makanan pada manusia karena makanan yang sudah membusuk. Gel ini ramah lingkungan daripada sulfur dioksida dan bahan pengawet makanan lainnya, sehingga gel ini lebih aman untuk digunakan.

Potensi lidah buaya yang mengandung enzim oksidase sebagai antioksidan merupakan hal yang dapat dikembangkan. Hal ini menyiratkan bahwa tanaman lidah buaya berpotensi sebagai bahan pengawet alami terhadap bahan pangan sehingga dapat meningkatkan daya simpan bahan pangan tersebut. Pengawetan sendiri bertujuan untuk menghambat terjadinya pembusukan bahan pangan dan menjamin kualitas awal bahan pangan agar tetap terjaga selama mungkin. Sebagai pengawet, suatu bahan akan berperan salah satunya sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, zat-zat pengawet akan menekan reaksi yang terjadi pada saat pangan menyatu dengan oksigen, sinar panas dan beberapa logam sehingga dapat mencegah terjadinya ketengikan dan munculnya noda-noda hitam pada produk pangan.

foto:globalherbalsupplies.com

 

 Tentang Penulis:

Verry Andre Fabiani Mahasiswa S1 Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura ... Selengkapnya »
 
  • Website Pribadi/Blog:
  • Tulisan di NetSains: 1 Tulisan
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • uyha

    selain lidah buaya..buah apa saja yang bisa bang?..mohon bantuannya..kalau ada tolong kirim link tentang pembuatan bahan pengawet alami..pening neh TA..hehe
    :D

  • agung putri

    bagus banget, bisa dijelasin ga lebih detil teknisnya biar bisa dicoba.

  • hanifkimia

    ^^, lidah buaya yg mnarik, ad gk y di desaki

  • sHa Nindayy

    aduu duu duuh .. :))
    siip* banged daah . ^^
    bissa jadi penambah inspirasi dalam peningkatan pangan .

  • sHa Nindayy

    aduu duu duuh .. :))
    siip* banged daah . ^^
    bissa jadi penambah inspirasi dalam peningkatan pangan .

  • kenny septia

    ehm..yup bagus banget tuh idenya,
    tapi kalo seandainya gel lidah buayany dicmpur ama ekstrak dri tnaman masih brpngruh gak manfaat ldah buayany??mhon dbles.thq

  • Herman

    Bang, boleh kasih tahu caranya meng-extract enzim oksidaze dari tanaman aloe vera? Apakah bernilai ekonomis bisa jadikan sebagai lahan bisnis yg menggiurkan? perlukan mesin khusus? Banyak khabar tentang pengawet yg berbahaya, jika ada dilingkungan kita bisa dijadikan pengawet alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan kenapa tidak?
    thanks.

  • Wahyudi

    Bang, bisa nga ajarin gmana carax memperpanjang rambut dgn cpt dgn menggunakan al0e vera/lidah buaya. Balas

  • Mahardika yasa

    gel lidah buayanya bs dipakai untuk mengawetkan buah apa saja kak verry ??? mohon bantuanya agar jawabannya d kirim ke e_mail saya !!!

  • yohana

    selain lidah buaya apa lagi sich????
    tapi menarik juga untuk di baca
    sipp deh!!! :)

  • delinda

    tolong kasih tau bagaimana cara membuatnya

  • lienna

    kalau dibuat lotion anti nyamuk gimana mas yuaa lidah buayanya…saya lagi nyari penelitian itu…

  • Lamere_lexi

    kalau gel lidah buaya di buat untuk mengawetkan ikan atau untuk mempertahankan kesegaran ikan,.., bsa ga’ ?
    mohon bantuan penjelasannya ya.,,

    • http://www.facebook.com/people/Shasa-Ataele-Pateele/100001924332805 Shasa Ataele Pateele

      dicoba aja mas

  • http://karisnsz.wordpress.com/ Karismauyy

    boleh di copas mas?

  • http://karisnsz.wordpress.com/ Karismauyy

    boleh di copas mas?

  • http://www.facebook.com/people/Shasa-Ataele-Pateele/100001924332805 Shasa Ataele Pateele

    selain lidah buaya apa lagi yg bisa memperpanjang tw pun merawat rambut

  • http://www.facebook.com/vhicho Vhicho Marys

    apa nama produknya…????
    apakah sdah beredar di pasaran….????

  • abrianus ellando

    bisa dapet samplenya dmn yah??