NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
chemistry
  • Can't retrieve RSS Feed
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 suara, nilai: 5.00 ⁄ 5)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Bulu Babi : Obat Medis dari Lautan

bulu-babi (c) Hawis MadduppaNetsains.com - Pastinya orang yang pernah bermain ke pantai atau pulau-pulau kecil sudah mengenal makhluk satu ini, Bulu Babi. Sosoknya yang berduri (yang sama sekali tidak mirip dengan babi), menjadi biota yang paling dihindari oleh para penikmat laut saat sedang snorkeling ataupun sekedar berenang di area ekosistem pesisir dan lautan.

Meski sebenarnya tidak mematikan, tapi cukup membuat demam semalaman, jika tertusuk durinya. Malah secara ekologis, dianggap keberadaan biota ini dianggap hama (indikator ekologis buruk), jika populasi sudah banyak maka akan mengganggu ruang terumbu karang dan berbagai biota lainnya. Namun, dibalik sosoknya yang hitam pekat dan berduri panjang, ternyata terkandung zat-zat yang berguna dalam dunia medis.

Sebelumnya kita bahas dulu siapa sebenarnya Bulu Babi ini. Bulu babi (Sea urchins) merupakan biota ekinodermata yang berasal dari lebih 540 juta tahun yang lalu. Bulu babi ini mempunyai gonad, yang sudah menjadi makanan populer di Korea dan Jepang, dan juga menjadi makanan tradisional di Chili. Namun dibalik atraksi kulinernya, bulu babi dikenal mempunyai sistem immune yang kuat dan umur yang panjang, beberapa dapat hidup sampai 100 tahun.

Proyek penelitian sekarang ini sudah banyak yang mengarah pada bagaimana sistem imun dari bulu babi ini bekerja. Sebagai perbandingan, manusia terlahir dengan imunitas alami dan juga dilengkapi dengan imunitas tambahan sepanjang waktu, yang diproduksi oleh antibodi tubuh dalam merespon berbagai macam infeksi. Sedangkan bulu babi hanya mempunyai imunitas alami, dengan 10 sampai 20 kali gen lebih banyak dari manusia. Harapannya adalah dengan mengkaji bulu babi akan menyediakan sebuah set baru antibodi dan antiviral untuk melawan berbagai macam penyakit. Para peneliti banyak menggunakan bulu babi untuk mengkaji penyakit seperti kanker, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

Meskipun biota ini adalah invertebrata, namun pada level genetik biota ini mempunyai kesamaan lebih dari 7000 gen dengan manusia. Hal yang sangat menakjubkan adalah meskipun tidak mempunyai mata, telinga dan hidung, tetapi biota ini indra untuk melihat, mendengar dan mencium, dari gen manusia yang dimilikinya.

Hal yang menguntungkan juga dengan menggunakan bulu babi adalah proses reproduksi yang cepat dari biota ini, sehingga jumlah sample juga tidak menjadi masalah. Maka akan mendukung penelitian berjalan dengan cepat.

Dengan pemetaan DNA yang lengkap dari biota ini, ilmuwan dapat mempelajari bagaimana memperlakukan dan mencegah penyakit pada manusia dengan lebih baik. Mungkin suatu hari dokter dapat mengetahui dengan tepat bagaimana memperlakukan dan bahkan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker.

Diterjemahkan secara bebas dari : Sciencedaily (1 March 2009) Sea Urchins Reveal Medical Mysteries http://www.sciencedaily.com

Foto: Hawis Madduppa

 

 Tentang Penulis:

Hawis H. Madduppa Dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Institut Pertanian Bogor. Sekarang sedang menempuh pendidikan S3 bidang Genetika Populasi Ikan di Bremen Universität, ... Selengkapnya »
 
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • http://www.chem-is-try.org Soetrisno

    Wah, baru tahu ternyata bulu babi ( atau di Jepang lebih dikenal dengan nama “uni” ) ini memiliki potensi sebagai bahan medis.

    Jadi ingat waktu pertama kali menyelam didaerah perairan laut shonan di Yamagata, Jepang, mengambil bulu babi ini dan kemudian dibelah dan dimakan isi dalamnya. Pertama2 rada segan karena bentuknya yang tidak sedap dipandang , tapi akhirnya berani mencoba dan rasanya memang lezat.

    Untuk sementara, lebih memilih memakannya dengan sushi atau nasi hangat ” uni-don “,

    • http://firewalker.kamusilmiah.com Didik Wicaksono

      Weleh-weleh, kuliner ekstrim, nih :D

      • http://bunghaw.wordpress.com Hawis Madduppa

        hahaha ekstrim banget nih bro :)

    • http://bunghaw.wordpress.com Hawis Madduppa

      Pertama kali nyobain dulu awal thn 2000an pas masih belajar diving di Kep.Seribu. iya saya juga awalnya segan makannya, ternyata dalaman bulu babi (gonad) itu enak, apalagi ditambah cuka dan sambel..maknyusss.. tapi belum pernah nyobain dengan nasi hangat hehehe..

      weleh2, koq jadi bahas kulinernya yah :)

      • http://twitter.com/warasdewe Ageng Mufti

        Memang bisa & biasa dimakan ya? wah

      • Fahrojicabie

        memang baru tau bulu babi enak lebih enak ma mas di iris cabe bawang mas…… kalo di pulo saya ma nama”a laen cuy….. bulu janeh nama”a… kalo di p. kongsi nama”a duri cileng,,,, cobain lg nyo soal”a saya…. kemaren abis buat sop bulu babi,,,, hik hik hikh

      • Fahrojicabie

        memang baru tau bulu babi enak lebih enak ma mas di iris cabe bawang mas…… kalo di pulo saya ma nama”a laen cuy….. bulu janeh nama”a… kalo di p. kongsi nama”a duri cileng,,,, cobain lg nyo soal”a saya…. kemaren abis buat sop bulu babi,,,, hik hik hikh

  • Martinus Gangsar

    Bulu babi.. yucks!! Tapi itu karena udah kurang segar. Kalo masih baru, apalagi masih idup.. nyamm.

  • firewalker06

    Testing comment pakai Disqus,

  • firewalker06

    Testing comment pakai Disqus,

  • annisa

    hmmmm, jadi kepengen nyoba…
    ada yang tau ga dimana bisa dapetin bulu babi dalam jumlah besar? buat tugas ni.. mau buat baso dari daging bulu babi. saya anak teknologi pangan IPB, dapat tugas untuk menari bulu babi yang banyak … hehehe, makasih..

    • Fahrojicabie

      di ulau seribu banyak ni cuy kalo mau ke sini aja nanti ku cariin cuy by berie??????

  • muhamad faizal hamzah

    aku ngak nyadar kalau BULU BABI itu adalah hewan air
    ha ha ha ha ha ha

  • Nasir Hadi

    Perlu juga ditampilkan jenis Triptepeneus,sp yang juga memiliki manfaat yang sangat baik dan berprotein tinggi dan sekarang dikonsumsi oleh masyarakat Kabupaten Buru – Maluku

  • Fradinata

    kemaren kaki ku kena duriny 22 tusukan.,.,.,. buset meriang gw.,.,.,.,.,.,.,.,.tp gak tau klu bisa d makan.,.,. nter k laut lagi ah.,.,.,.,.

  • Ubaycetang

    itu makanan yang enak mas…. klo dilampung itu mahalllllll

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000933540594 Reani CHuka Rea-rEo

    trus cra msaknya gmn donk???

    • http://www.facebook.com/mam3t Firman Siregar

      langsung d lebp z kayak iklan sosis… kkkk
       lumayan buat bersihihn tenggorokan

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100002235733714 Ovie Prabowo D’angle

     saya terkena tusukan bulu babi 1 bulan yg lalu , tetapi saya takut memeriksanya
    wktu saya terkena bulu babi saya fikir itu blu babi nya tidak masuk ke kaki saya
    tapi telah berhari2 kaki saya memar sperti tertusuk2 . saya ragu apa itu ada atau enggak ..