NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 suara, nilai: 2.00 ⁄ 5)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Kenapa Detak Jantung Saya Aneh?

your-heartTanya:

Salam, dok, sebelumnya terimakasih atas infonya mengenai web ini di blog saya. Kebetulan bisa konsultasi dengan dokter langsung. Saya sudah lama ingin bertanya mengenai penyakit saya ini. Saya juga tidak tau apakah ini penyakit apa bukan. Semoga saja bukan.
Begini, setiap kali saya periksa kesehatan, dan dokter si pemeriksa memeriksa detak jantung saya. Si dokter mengatakan detak saya ada satu satu waktu berhenti sejenak ,beberapa detik gitu.

Saya disarankan cek jantung disalahsatu klinik. Dan hasilnya disuruh dibawa ke dokter jantung. Tapi sampai sekarang saya belum berani, dan belum berkesempatan juga. hasil klinik mengatakan hampir sama dengan perkataan si dokter. Nah, dok, mohon penjelasannya, apakah ini berbahaya buat saya? Karena selama ini saya masih merasa baik-baik saja. Terimakasih dok.

Aisyah Muna

Jawab:

Jantung kita berfungsi sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh. Untuk dapat bekerja dengan baik , maka jantung harus berdenyut secara teratur 60-80 kali permenit. supaya jantung dapat berdenyut dengan teratur, maka ada pusat listrik jantung yang terdapat di nodus sinoaurikularis di daerah atrium kiri (bagian atas jantung).

Pada sebagian pasien irama listrik tidak berjalan sebagaimana mestinya, ada yang berirama lambat (bradikardi) ada yang berirama cepat (takikardi). Ada yang berirama tambahan (ventrikel ekstra sistole), ada juga yang agak tidak beraturan (atrial fibrilasi dengan respon normal atau respon cepat).

Pada keadaan awal, irama yang tidak teratur tadi tidak menimbulkan masalah, karena jantung masih mampu melakukan kompensasi untuk tetap bekerja secara normal.

Lama kelamaan apabila beban fisik dan psikis kita meningkat, akan menimbulkan dekompensasi (jantung tidak bisa menyeseuaikan lagi dengan irama yang tidak semestinya). Akibatnya timbul gejala sesak nafas, tungkai bengkak, perut membuncit, berdebar-debar, dan kadang memerlukan perawatan sampai di ICCU (intensive care coroner unit).

Untuk itu mumpung masih tahap awal, sebaiknya diperiksakan secara teliti ke dokter spesialis jantung, atau ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pencarian penyebabnya dan kemungkinan cara pengobatan dini yang lebih pas.
Oke. Jangan takut. pasti ada jalan keluarnya.

Wassalam
Muchlis AU Sofro
Konsultan kesehatan Netsains

foto: rifqiemaulana.files.wordpress.co

 

 Tentang Penulis:

Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro, SpPD-KPTI, salah satu dokter spesialis penyakit dalam yang juga ahli penyakit tropis infeksi yang lahir di Pemalang. Staf Divisi Penyakit Infeksi & Tropik, Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr Kariadi/Fakultas Kedokteran UNDIP. Organisasi: 1. Ketua Tim HIV-AIDS RSUP Dr Kariadi-Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, sejak 2002 sampai sekarang 2. Sekretaris Sub Tim DALINOK. Komite Medis RSUP Dr Kariadi Semarang. 3. Anggota Tim ”Emerging Infectious ... Selengkapnya »
 
  • Website Pribadi/Blog:
  • Tulisan di NetSains: 65 Tulisan
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • nenderse

    sebenarnya apa yang menyebabkan orang sering terkena sakit jantung koroner

    • muchlis au sufro

      Penyakit jantung koroner bisa disebabkan oleh adanya faktor risiko yang memudahkan penyaki itu muncul antara lain: kegemukan, tekanan darah tinggi, kencing manis, kelebihan lemak kolesterol trigliserid, asam urat, dan kurang aktivitas olah raga.
      Kecemasan yang tinggi juga bisa memunculkan penyakit jantung koroner.
      Jadi sempatkanlah memeriksakan faktor risiko diatas dan atasi satu persatu.
      wassalam
      muchlis au sofro

  • kurniawan

    Pak Dokter, sekalian saya tanya, saya beberapa waktu yang lalu sering mengalami jantung seperti berhenti beberapa saat, biasanya untuk menormalkan saya mencoba untuk batuk… kira-kira apa penyebabnya apakah mungkin karena kecelakaan, hal ini terjadi setelah saya kecelakaan jatuh dari motor 2 thn yang lalu.

    mohon tanggapannya yah…

    • muchlis au sufro

      Kecelakaan yang sudah 2 tahun yll tetap memungkinkan menimbulkan kelainan di jantung saat ini.
      Untuk itu sempatkanlah berobat ke dokter penyakit dalam atau ke dokter spesialis jantung terdekat, karena perlu dilakukan pemeriksaan EKG untuk merekam irama jantung dan ekhokardiografi untuk melihat fungsi jantung secara keseluruhan.
      ayo segera ditindak lanjuti.
      Semakin cepat terdeteksi semakin baik hasilnya.
      wassalam
      muchlis au sofro

  • kurniawan

    Pak Dokter, sekalian saya tanya, saya beberapa waktu yang lalu sering mengalami jantung seperti berhenti beberapa saat, biasanya untuk menormalkan saya mencoba untuk batuk… kira-kira apa penyebabnya apakah mungkin karena kecelakaan, hal ini terjadi setelah saya kecelakaan jatuh dari motor 2 thn yang lalu.

    mohon tanggapannya yah…

  • asran

    pak dokter?..kenapa sering tiba-tiba denyut jantung saya terkadang tiba2 cepat..membuat saya tidak nyaman.apalagi jika telah konsumsi masakan berkuah..mungkin terlalu banyak penyedap ya?

    • muchlis au sufro

      Denyut jantung yang tiba-tiba cepat setelah makan adalah wajar, karena tubuh memerlukan kiriman aliran darah yang lebih banyak untuk menunjang metabolisme yang meningkat akibat penambahan kalori dari makanan yang kita konsumsi.
      Bila setelah selesai makan dan istirahat denyut jantung normal kembali maka keluhan di atas adalah wajar dan normal.
      Jadi jangan cemas.
      makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang. ini akan menyehatkan jantung kita juga.
      wassalam
      muchlis au sofro

      • asran

        tapi sy rasa setiap setelah makan atau jajanan berkuah pasti denyut jantung sy cepat..dan untuk memulihkan terkadang sy minum suplemen penetral, dan alhamdulillah denyutnya normal..misalnya bakso,coto dll…

  • Anto

    Pak Dokter, saya sering mengalami rasa tidak nyaman pada jantung saya, kadang berdebar2, kadang seperti berhenti beberapa detik kemudian normal kembali, dan kadang pada saat tidur tiba2 jantung saya berdebar cepat, dan saya juga kadang merasa sesak saat tidur. Saya sudah beberapa kali memeriksakan diri ke dokter jantung, sudah di EKG, Treadmill, dan Ekhokardiografi dan hasilnya normal. apakah keluhan saya ini berhubungan dengan penyakit maag karna hampir setiap terjadi gejala di jantung saya merasakan perut saya seperti kembung dan nyeri di uluhati. Penyakit saya ini sangat menggangu aktiftas saya, saya jadi sering merasa cemas. apakah memang keluhan saya ini normal menurut dokter dan saya harus berobat kemana? apakah ada pemeriksaan khusus yang perlu saya lakukan.
    Trims, Wasalam.

  • mArio ignatius

    Dok,saya ber usia 24 tahun,dari mulai 8 bulanan yg lalu jantung saya sering sekali berdenyut cepat tiba2,tapi hanya sebentar.. Kira² 2detik trus kembali normal,dan pada saat terjadi itu,rasanya seperti ingin sendawa+badan saya lngsung lemas,dan kondisi bdan kembali normal lg,hal ini sangat membuat saya cemas,saya sudah memeriksakan ke dokter spesialis jantung,EKG,TREADMILL,dll,tambahan>(saya seorang atlet bola basket PON ,,gara2 hal itu saya berhenti total berolah raga,terima kasih.

  • Tuting

    Dok, 3hr terakhir sy srg mrasakan dada bagian kiri sy spt ditekan hingga sesak. sampai2 agak sulit menggerakkan tubuh bagian kiri,bahkan untuk batuk skalipun rasanya nyeri.itu gejala ap yah dok. klo sy hendak konsul ke dokter apa yah dok baiknya, spc. jantung atau pnyakit dlm?trims

  • dwi astuti

    Malam dok, mau tanya kapan seseorang dinyatakan terkena penyakit atau ada gangguan pada jantung. Debaran jantung saya minggu-minggu ini sangat mengganggu, walaupun saya tidak mengalami sesak napas. Apakah saya terkena serangan jantung? Saya sangat mengharapkan jawaban dokter. Kemana saya harus berobat apakah ke dokter umum terlebih dahulu atau langsung ke dokter spesialis?

  • affandi

    Hello DOk..saya mau tanya…dulu jantung saya pernah berdebar2 kira-kira 7 bulan saya menderita seperti itu…sudah sempat berobat pada dokter spesialis… alhamdulillah perlahan2 sembuh…sekarang kadang kadang beberapa detik jantungsaya berdetak lambat…nanti setelah bersendawa/batuk baru kembali normal….tap saya masih bisa olahraga atau lari….apa ini ada hubungan dengan sakit maag saya..
    ??? apa yang saya harus lakukan…terima kasih dokter

  • Elpadri

    Dokter jantung saya tiba2 berdebar2 dan cemas sekali kaki saya dingin perasaan seperti akan mati.,hal itu sering terjadi ketika badan keletihan,terbayang yang mengerikan/menyedihkan,takut dengan keramaian apalagi lihat orang berkelahi.dok bagaimanakah cara mengatasinya dan apakah penyakit saya itu?.

  • pamila

    Selamat malam,
    Saya menderita hipertensi, ingin bertanya
    1.Apakah yg menyebabkan detak jantung menjadi cepat secara tiba2?
    2.Apakah hemoglobin darah yg tinggi (17.5) ada hubungannya dgn kelelahan?
    3.Apakah detak jantung yg cepat ada hubungannya dg tingginya tingkat hemoglobin darah?
    4.Apakah dgn donor darah dan banyak minum air putih akan menyembuhkan?
    Terimakasih banyak..

  • erik

    dok. perut saya sering kembung, kalau sudah kembung nafas agak terasa berat dok., kalau dibilang penyakit maag ulu hati gak sakit dok.tapi menganggu banget dok. tapi sesudah merasakan hal tersebut badan terasa lemah, lemas gak bertenaga kisaran waktu 15 sampai 30 menit. kira2 penyakit apa yang saya derita dok. terima kasih atas bantuan dokter

  • rahmawati

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, dokter.
    Dokter, umur saya 30 thn, perempuan. Saya mempunyai keluhan jantung yang sering berdebar tiba-tiba di saat sedang tidur dan baru dalam keadaan nyenyak. ketika terbangun bawaannya gelisah dan susah untuk tidur kembali. biasanya ini terjadi ketika sebelumnya saya makan makanan yang pedas dan berat. Tapi tidak ada masalah sampai pada saat tertidur, jantung tiba-tiba berdebar kencang. Penyakit saya ini sudah 3-4 thn saya akami. Mohon penjelasannya, dokter. Terima kasih sekali lagi untuk jawabannya yang berharga…

  • Debora aini

    Dok, mau tanya nih..

    dokter pnh tau ttg rokok elektrik kan…?
    yang katanya bisa mmbantu seorang pecandu rokok pelan2 lepas dari keterikatan rokok…
    saya pny seorang yang saya kasihi..
    dia seorang perokok, dan saya ingin membantunya untuk lepas dari rokok….
    rencanya saya ingin belikan rokok elektrik tersebut,

    namun kata beberapa orang, rokok elektrik itu lbh berbahaya dari pada rokok biasa..
    apakah itu benar dok?
    bahaya di bagian apa dok?
    kemudian menurut dokter solusi yang tepat secara kedokteran yang bisa membantu seorang pecandu rokok berhenti merokok itu apa dok?
    karena kekasih saya pny pnyakit jantung dok.

    terima kasih dok.
    Tuhan berkati.:)

  • vinny

    mt mlm dok.
    sy vinny, usia sy 18th.
    sy puny mslh dgn jantung sy dok, tp sy tdk tau apkh sy mndrita pnykit jantung.
    dada sy sering trsa skit saat selesai braktivitas, tp trkadang dada bgian knan sy jg trasa skit, dan itu membuat sy susah utk bernafas, rasanya sakit bgt, smpe2 sy jd tdk brsemangat lg utk melakukan aktivitas shri sy, akhr2 ini sy mrasa lelah dan bdan sy terasa lemas, dan agak pusing2 juga.
    oya, knp sy kalo kaget rasanya kyak gak bisa nafas dan dada sy terasa skit, sprti di tindih gitu.?
    tolong di jelaskan ya dok..
    trimakasih..

  • diana

    dok, saya berumur hmpir 17.
    Waktu saya mengikuti tes EKG di sekolah, hasilnya 136. Lalu tekanan darah 157.
    Dan suhu badan saya 38 C.
    Tapi saya gak merasakan apa2 dok..
    Saya merasa sehat.
    Apa saya pnya penyakit jantung dok?

  • agoes andra

    dok saya mau nanya kadang2 jantung saya terasa sampai ke tangan pada saat saya mengegam tangan sangat terasa sama di perut saya juga kerasa bgt apakah itu berbahaya dok sedangkan saya juga mempunyai penyakit amandel apakah ini komplikasi dari penyakit saya terimakasih sebelumya
    nb badan saya setiap hari kerasa lemas

  • http://www.facebook.com/barack.harun Barack Harun

    Assalmkm.
    dok
    belakangan ini jantung saya berdetak tidak stabil dan berdebar keras… tentu saya merasa bahwa jantung saya tidak normal. secara fisik saya kadang cepat pusing,keringat berlebih. dan aktivitas sekecil apapun saya pasti berkeringat,akhirnya berpengaruh terhadap konsentrasi saya dalam beraktivitas.mohon jawabannya dan apa yang harus saya lakukan. thanks.

  • Triastuti

    salam sejahtera dok.
    dok saya kurang tau sebenarnya detak diperut itu ada gak sih. kenapa detak saya ada diperut di atas pusar saya, bahkan berdetak kuat seperti detak jantung didada. kalau saya perhatikan didada saya ada juga tetapi cukup lambat,bahkan gangat susah tuk dirasakan. saya tidak hamil. apakan ada masalah dengan diri saya, mohon jwabanya dok. trimakasih.

  • JOKO NURYANTO

    Pertanyaan hampir sama dok, sering kali jantung berdetak keras tapi cuma sekali, ada apa dengan jantung saya trimakasih

  • http://pulse.yahoo.com/_DZSFVR2OMKZOOMXN4OKGGTHLLI Eka

    Salam Doc sebelumnya,
    saya ingin menanyakan sepertinya ada yg aneh dengan denyut jantung saya, detaknya sangat cepat walaupun sedang dlm keadaan baringan atau duduk tanpa kegiatan, kalau melakukan aktivitas akan berdetak lebih kencang hingga sesak dalam bernafas, saya pernah periksa ke dokter, dan disarankan ke radiologi, saya sdh jalani tapi dokter radiology bilang jantung saya baik2 saja (sehat) tapi terusterang saya merasakan sendiri detaknya sampai terlihat jelas dan cepat bisa dilihat dari leher saya, dan kalau diletakan tangan di atas dada adan terasa detaknya hingga tangan pun terlihat naik turun dg cepat, bisa kah dokter mengetahui apa sebabnya dan penyakit apa yg berpotensi dibaliknya, oh ya satu note lagi: saya selalu merasa panas walaupun diruang AC dan di saat orang lain kedinginan saya hanya merasa adem, yang mengganggu jika saya kepanasan akan berkeringat yang ber efek gatal2 dibagian yg berkeringat, terima kasih atas penjelasannya.,

  • http://www.facebook.com/people/Cipluk-Love-Ayank/100002463478048 Cipluk Love Ayank

    saya juga mau bertanya sudah 2 minggu belakangan ini ibu saya sering susah tidur di siang hari ataupun malam hari selain itu jantungnya berdebar sudah d perikksakan katanya normal tetapi ibu saya sering mengalami jantung berdebar di sertai sering kaget.
    itu kenapa ya dok…
    terus solusinya gimana.
    terima kasih.

  • ilma

    kalau jantung saya berdetaknya kadang rasanya keras banget dan seperti sampai ke kepala. sakit banget…. tapi normal lagi… itu kira2 kenapa yah?

  • Nath

    dok mau tanya
    2 hari ini saya merasa jantung saya terasa berdetak,,tp hanya 1x detak jantung tidak lama,, stelah itu menghilang dan begitu lagi setelah bbrapa menit kadang jam
    biasanya normal detak jantung tidak terasa sama sekali,, apakah itu normal,,
    rasanya di sekitar dada sampai di pangkal leher saja, dan itu terjadi cuma 1x detik aja

    • revano herputra

      Sama mas saya juga suka merasakan seperti itu kira kita penyakit apa ya? Saya jadi agak panik gini

  • Ahmad Bardawi

    dok saya mau tanya
    umur saiia 21 tahun,, perut saya ko kembung terus dan sesak nafas, perut juga yang tadinya langsing sekarang membuncit..
    setiap bergerak cepat sekali lelah dan jantung berdebar kencang kalau sedang melakukan aktifitas yang berat
    saiia pernah di endoscopy dan hasilya bagus

    terkena penyakit apa yah dok kira2

  • Ratih Ramadini

    dok saya mau tanya kenapa detak jantung saya lebih cepat dari biasanya dan berdebar debarnya itu hilang2 timbul. dan saya juga merasakan sesak pada dada saya dok terkadang membuat saya sulit untuk berbicara banyak. apakah itu berbahaya dong ?

  • muhammad rizani

    Dok, saya mau tanya, apa penyebab jantung berdebar dan badan terasa lemas terjadinya saat malam.apa itu penyakit atau apa ?

  • Nona ana(31785d6b)

    assalamualaikum ,
    dok kenapa jantung saya selalu berdetak kencang ,kepala pusing ,padahal say tidak melakukan ktifitas apapun ,,apakah itu penyakit atau apa ?

  • puspita

    ass
    dok kenapa jantung saya sering berdetak kecang,lemas dan dingin di bagian tangan dan kaki,keluar keringat dingin,kulit menjadi pucat terutama telapak tangan (seperti tidak ada darahnya),kepala pusing disertai kunang2.apakah itu penyakit atau bukan?