NetSains.com

Recent Comments


Powered by Disqus

25 Penulis Teraktif

  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • gravatar
  • Foto anda tak tampak disini? Segera buat akun di Gravatar.com!
Netsains.Com on Facebook
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 suara, nilai: 5.00 ⁄ 5)
Loading ... Loading ...

Perhatian!
Artikel ini adalah artikel lama, diterbitkan lebih dari setahun yang lalu.
Mohon beritahu kami melalui komentar apabila artikel ini sudah tidak relevan lagi

Kenapa Pilek Tak Kunjung Sembuh?

pilekTanya:

Saya punya anak lelaki usia 10 thn.Sepanjang hari sepertinya Dia terus menerus pilek ( hidung berair ) dan sering disertai batuk berdahak. Dan anak saya juga punya asma, bahkan kalau tidur malam hari dia sering mengeluarkan bunyi seperti orang sesak. Tolong Dok…. obat apa yang cocok untuk dia ? Saya suka sedih melihat dan mendengar keadaannya, terutama sekarang – sekarang ini, penyakitnya sedang kambuh.

Jawab:
Pilek yang dikeluhkan sepanjang hari dan terus menerus bisa disebabka oleh antara lain: Rinitis alergika (alergi karena udara dingin, debu, asap, atau kelelahan), atau bisa juga disebabkan oleh tulang hidung yang bengkok (tidak lurus sebagaimana mestinya), atau bisa karena ada sinusitis (radang di daerah sinus/ rongga di sekitar tulang hidung).

Kebetulan ananda juga menderita sakit asma, kalau ada asma biasanya keluhan pileknya disebabkan oleh rinitis alergika. Sebab pasien asma seringkali juga menderita rinitis alergika (radang di hidung akibat alergi).
Untuk mengetahui lebih jelas apa penyakit ananda disarankan segera berobat ke dokter spesialis THT, untuk dievaluasi secara lebih teliti apa yang menyebabkan pilek yang tidak kunjung sembuh.

Bila benar pileknya karena rinitis alergika, maka langkah pencegahan yang bisa diambil untuk menghindari terjadinya pilek tersebut adalah dengan berusaha menghindari keadaan yang memudahkan munculnya alergi, seperti menghindari udara dingin, jauhi debu atau tempat yang mudah menyimpan debu rumah seperti kursi sofa, kasur tradisional, karpet, juga dihindari terjadinya kelelahan baik fisik maupun psikis.

Jadi, segera periksakan ke dokter spesialis THT terdekat ya.

Wassalam
Muchlis au sofro
Konsultan kesehatan

foto:dannyprijadi.wordpress.com

 

 Tentang Penulis:

Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro, SpPD-KPTI, salah satu dokter spesialis penyakit dalam yang juga ahli penyakit tropis infeksi yang lahir di Pemalang. Staf Divisi Penyakit Infeksi & Tropik, Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr Kariadi/Fakultas Kedokteran UNDIP. Organisasi: 1. Ketua Tim HIV-AIDS RSUP Dr Kariadi-Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, sejak 2002 sampai sekarang 2. Sekretaris Sub Tim DALINOK. Komite Medis RSUP Dr Kariadi Semarang. 3. Anggota Tim ”Emerging Infectious ... Selengkapnya »
 
  • Website Pribadi/Blog:
  • Tulisan di NetSains: 65 Tulisan
  Beri komentar atau taut balik artikel ini.
  • araneta

    wah kok mirip2 penyakit saya ya hehe makasie infonya dok

  • araneta

    wah kok mirip2 penyakit saya ya hehe makasie infonya dok

  • desna

    dok, dleher saya bengkak. kata orang2 sih saya gondok. tapi saya maw tanya nih dok, kalaw benar saya gondok, apa boleh tidak acuhkan saja. soalnya alhamdulillah belum pernah saya merasakan sakitnya………..

  • ATik

    Dok, Saya juga sering banget flu, kenapa ya? terutama kalau capai. sebulan ini kayanya sdh 2 kali, makan saya ok, badan gedhe juga. vitamin, suplemen juga minum. kurang apa lagi? dan kalau flu lama sembuhnya, suara sampai “bindheng”, telinga sebelah kanan sampai “budheg” dan sakit sekali ketika bepergian pakai pesawat.
    bagaiman cara “membebaskan diri dari flu?”

  • Anna

    Dok ibu saya mempunyai penyakit sinusitis apakah sinusitis penyakit menurun karena saya juga sering flu pada suhu yang dingin dan mengeluarkan lendir terus? Apakah itu tanda bahwa saya terkena penyakit tersebut? Kalau iya apakah perlu dioperasi seperti mama saya

  • enny

    dok, anak saya 3 tahun bb 21 kg. sudah mulai sekolah 2 bulan ini.
    anak saya suka batuk pilek dan sering kena radang, terutama belakangan ini sejak mulai masuk sekolah.
    sekarang sudah 2-3minggu ini pilek batuknya ga setop. ingusnya warna putih. yang kata orang itu bukan radang tapi alergi.
    saya bingung alergi apa, kalo debu semua tempat kan ada debunya seperti jalanan, kasur. saya juga sudah pake air puryfier, sedot debu, dan kondisi ac tidak dingin dan tidak nyentrong. memang kalo kena aca yang terlalu dingin dia suka batuk. apa ada pengaruhnya cuaca ekstrem seperti sekarang terhadap kesehatan anak saya???
    apa saya boleh kasih fenisitil atao ryvel…? trims

  • Maklon Simatupang

    Saya sekarang umur 31 tahun dan kerka di kantoran. Yg saya mau tanyakan kenapa napas sy selalu bau padahal saya rajin sikit gigi dan kumur2X. Sy tidak mempunyai riwayat penyakit dalam baik maag maupun yang lain. Mohon penjelasn dari dok dan saya harus melakukan tindakan apa shg napas sy kembali seperti semula. Trims

  • sara ayu kristiana

    saya mau tanya kenapa saya klo setiap pagi bersin-bersin trus pilex ya????kenapa setiap pagi?????bales ya????trus itu flu jenis apa?

  • javas

    kenapa anak saya usia 4 bulan pilek tidak sembuh sudah hampir 1 bulan

  • javas

    bagaimana cara agar berat badan bisa naek..tinggi badan saya 170,umur saya 25 thn dan berat badan sekarang 54kg

  • leha

    dok…saya mau tanya…saya sering pilek hampir setiap hari saya bingung apa penyebabnya n harus bagaimana….soal nya saya pilek setiap hari baru setelah saya kuliah di malang tapi kalau saya sedang dirumah jarang2 pilek nya kenapa ya dok?mohon penjelasanya makasih………..

  • faiz

    dok,kenapa pilek saya ga sembuh2.,malah lendir nya ko berwarna kuning terus ini ko jadi merah. .kenapa ya dok?

  • Nadinku

    dok , saya kemarin demam sehari sembuh sehari demam lagi ! apa penyebabnya dok ?

  • Novalia

    dok, mau tanya…saya sudah hampir mau sebulan batuk berdahak tak kunjung sembuh dan sekarang ditambah dengan pilek, sudah dua botol obat batuk berdahak saya minum namun tak kunjung reda juga, sehabis saya mengeluarkan lendir/ing*s telinga saya terasa berdengung/tertutup, itu kenapa ya?

  • Dwi esti setyowati

    saya sudah sakit selama 2 minggu lebih…tp knp pilek dan batuk saya tidak sembuh2…3hari belakangan ini pilek yg keluar dr hidung sebelah kiri saya disertai oleh darah…itu knp y?

  • Muharomah

    anak saya umur 6 thn dok sering sekali pilek sampe akhirnya telingganya menjadi sakit, skrng sdh 2 minggu pilek ngak kunjung sembuh sdh diobati tp masih belum sembuh juga, biasanya pileknya encer trus mengental dan warnya kehijauan. gimana cara mengatasinya ya dok????

  • mina retna

    kalau pilek nya di malam hari sebelum tidur dan pilek nya juga muncul setelah bangun tidur pagi…tapi terkadang bangun tidur siang juga pilek.. tapi ngk sering di siang hari dan kejadiannya pilek itu setiap hari….kira kira kenapa yach????

  • Hendy Liu Zlatan

    Mina,,,apa yang kamu rasakan g demikian,.saya uda hampir 8 bulan ga sembuh2 .bakan sampai menular ke istriku,,,sudah 3 klinik 2 rumah sakit tpi ga sembuh2 jg hadehhh..klo ada obat yg bagus tolong donk kasih tau bisa hubungi saya di 081288006888 trims

  • Hendy Liu Zlatan

    Saat mau tdr ama bangum tdr pasti tersumbat dan setelah selesai mnd hidung pasti keluar cairan