• silvia

    trimakasih artikel ini sangat bermanfaat.. maaf saya ingin bertanya apakah anak dgn penderita sa dpt di berikan susu? krn saya pernah membaca klo anak autis tdk boleh di beri susu.. mhn jawabnya trimakasih salam

  • Caecilia

    Apa yang ditulis semua itu benar,saya sudah menerapkan semuanya. Hasilnya…… anak saya (17 thn) sekarang sudah punya teman cukup banyak (dengan 7 sahabat)dan sekarang sudah kuliah di Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara ITB (bersama dengan sahabat2nya). Akan tetapi bukan berarti semua sudah beres, karena saya masih merasakan perlu membimbing & tetap mengarahkan dia (tentunya dengan cara yang berbeda). Saya akan senang bila bisa sharing dengan teman-teman. Semoga artikel ini membantu rekan-rekan yang memiliki anak penyandang AS untuk mengoptimalkan mereka…..

    • Tiktik_susanti

      Dear Caeselia,
      Bagaimana kamu mendidik / apa tips untuk saya ?.. boleh tolong email saya ?.. thanks

    • Tiktik_susanti

      Dear Caeselia,
      Bagaimana kamu mendidik / apa tips untuk saya ?.. boleh tolong email saya ?.. thanks

  • dini

    anak saya 4 tahun, tidak bisa bermain dgn teman sebayanya. perbendaharaan kosakatanya bagus termasuk bahasa inggris dan sedikit mandarin. tapi kesulitan untuk mengekspresikan diri memakai kata2.
    suka menutup telinga bila mendengar bunyi2an tertentu yg bagi orang lain mrpk bunyi yg wajar.
    skrg masuk di tk, dan tetap belum tertarik untuk bermain dgn teman2nya.
    membaca blog ini menjadi tahu kalau mungkin anak saya AS.
    dimana sebaiknya saya melakukan pemeriksaan awal?

  • devi

    sayang sekali dokter Dito menyebut AS sebagai penyakit, apakah AS sungguh adalah penyakit?

  • Mutizar Makri

    Anak saya sekarang umurnya 3,3 tahun, dan baru 1 bulan ini menemui dokter, dan dokter memvonis bahwa anak saya AS, saya sedih dan takut,tapi saya yakin bahwa anak saya bisa normal dengan ikhtiar dan doa kami sekeluarga..ada salah satu kelebihannya..dia mudah hapal dengan nyanyian apapun, walopun kata2nya tidak semuanya diucapkan dengan benar tapi nadanya 100% benar, dia mudah sekali mengotak atik hp atau laptop walaupun baru dia lihat…kalau ada lagi artikel tentang AS, saya sangat senang sekali dan merasa tidak sendiri dalam menghadapi masalah ini. Terimakasih

  • Susan yolanda

    dokter, saya mempunyai anak dg AS usia 12 th, anak saya sdh pernah mengikuti terapi okupasi saat umur 9 th, kemudian berhenti selama 2 th karena faktor waktu dan jarak dari tempat terapi yg jauh sekali. Anak kami mengalami kendala dalam pergaulan di sekolah, dia tidak suka bergaul dg teman sekelasnya karena ada beberapa teman sekolahnya yg pernah mengganggunya shg persepsimya semua temannya nakal dan jahat. Karena memang dlm hal aktifitas olahraga gerakannya yg kaku, dia sering ditertawai jadinya dia marah, mau membalas ejekan dan tertawa temannya dia nggak bisa akhirnya dia menangis. Sampai saat ini bila dia bertengkar dg temannya atau pada situasi yg sulit dia selalu menangis. Dia tidak bisa membendung airmatanya karena hanya dg menangis dia dpt meluapkan emosinya. Selain itu dia gampang tersinggung dg sikap temannya, sehingga dia mudah marah. Apalagi bila dia diejek “anak autis”, dia marah kemudian menangis. Dokter bagaimana caranya utk menghentikan kebiasaannya yg gampang tersinggung dan mudah menangis ? Apa benar dg terapi role playing bisa membantu anank saya beradaptasi dg situasi dan lingkungan sekitarnya ? Terima kasih banyak atas nasehat dokter. Ibu Susan (surabaya)

  • http://pulse.yahoo.com/_4SO3WO4WV2RNQM7ULVGDMTXBSY peni

    Terima kasih dok untuk penejlasannya yang detil. sangat saya perlukan untuk anak saya

    salam

  • http://pulse.yahoo.com/_VWZZQRBW3XA2HYL2S3U626CMVY Roni

    Saya sedang mencari spesialis yang bisa mendiagnosa secara resmi Asperger di orang dewasa. Apakah ada saran?

    mohon di email infonya ke:

    baron_batavia (at) yahoo (dot) com

    terima kasih.

  • Audy Rupang

    Selamat Siang Dokter, Saya Mahasiswa S2Profesi Psikologi, saat ini sedang mengambil Thesis tentang anak dengan sindrom Asperger dengan menggunakan teknik ABA (Applied Behavior Analysis) . klien saya berusia 13 tahun .  Apakah Dokter ada saran dengan penggunaan teknik ABA ini? Mohon Referensi Buku atau literatur yang berkaitan dengan Sindrom Asperger, kiranya dokter dpt menghubungi sy melalui

    email: audyrupang@gmail.com .

    Atas perhatian dan waktunya sy ucapkan Terima kasih.

  • http://www.facebook.com/people/Abdul-Aziz/100002953768898 Abdul Aziz

    sering sekali autisme,asperger syndrome, rett sindrome, dsb yg termasuk pada PDD atau ABK disandingkan dengan kata “penderita” padahal hingga saat ini kusemua kelainan tersebut belum dikategorikan sebagai penyakit.apabila tidak termasuk kategori penyakit maka tidaklah tepat apabila disandingkan dengan kata “penderita” tapi lebih tepat disandingkan dengan kata “penyandang”.
    contoh penggunaan: penderita HIV, penderita TBC. penyandang tunanetra, penyandang tunarungu, penyandang autisme dan seterusnya.

Back to top
mobile desktop